Biaya Transplantasi Rambut, Harganya Mencapai Jutaan Rupiah

Anisa Dwi Komalasari
Selasa 11 Januari 2022 17:22 WIB
Biaya Transplantasi Rambut, Harganya Mencapai Jutaan Rupiah
Biaya transplantasi rambut. (Foto: Hellodokter)

JAKARTA,celebrities.id- Apa itu transplantasi rambut? Transplantasi rambut biasa dikenal sebagai cangkok rambut atau tanam rambut yang dilakukan untuk mengembalikan rambut dalam area kulit kepala yang mengalami penipisan sampai kebotakan. Berapa kisaran biaya transplantasi rambut?

Apa itu transplantasi rambut?

Dilansir dari berbagai sumber Kamis, (6/1/2022) Transplantasi rambut bisa sebagai solusi bagi Anda yang mengalami kebotakan parah. Operasi rambut yang satu ini ada 3 jenis, yaitu operasi ekspansi jaringan kulit kepala (flap surgery), operasi mengurangi kulit kepala & implan rambut. 

Prosedur ini biasa dilakukan, terutama untuk mereka yang memang kesulitan menumbuhkan rambut dan  cenderung rontok. Dilansir dari American Academy of Dermatology, transplantasi rambut biasanya berlangsung selama 4 hingga 8 jam. 

Semakin banyak jumlah rambut yang ditanam, maka semakin lama pula proses operasi akan berlangsung. Sebelumnya, pasien akan diberikan bius lokal berfungsi agar kulit kepala mati rasa, dan selama proses  tanam rambut terjadi. 

Beberapa pasien juga  diberikan obat penenang menggunakan takaran rendah supaya mereka rileks. 

Biaya transplantasi rambut

Transplantasi rambut yang tersedia pada rumah sakit juga klinik di Indonesia berkisar dan harganya berkisar di angka Rp 25 juta sampai Rp100 juta. 

Biaya ini bergantung dalam metode dan berapa helai rambut yang akan ditanam atau ditransplantasikan ke pasien. Biasanya, jumlah helai rambut yang ditanam atau dicangkok sejumlah 500 helai. 

 

1
/
2