Biaya Umrah Dipatok Rp28 Juta, Tak Termasuk PCR dan Karantina

Widya Michella
Rabu 05 Januari 2022 13:14 WIB
Biaya Umrah Dipatok Rp28 Juta, Tak Termasuk PCR dan Karantina
Biaya Umrah sudah ditentukan Kementerian Agama, harganya Rp28 Juta tak termasuk PCR dan karantina. (Foto: Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Biaya umrah sudah final, yakni sebesar Rp28 juta. Hal itu diungkap Direktur Utama Bina Haji Umrah Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Nur Arifin menyampaikan revisi Keputusan Menteri Agama No 777 tentang Referensi Biaya Umrah di Masa Pandemi. 

Biaya tersebut tanpa memasukkan unsur karantina dan PCR yang telah disepakati oleh para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Sebenarnya kami sudah membahas dan sudah final hanya tinggal drafting dari sisi biro hukum perundang-undangan saja sudah kami siapkan. Disepakati oleh para asosiasi harga 28 juta minimal itu di luar PCR dan karantina," kata Nur Arifin, Rabu (5/1/2022).

Menurutnya, revisi KMA tersebut berjalan beriringan dengan persiapan Kemenag dalam menyiapkan regulasi pemberangkatan jamaah umrah awal Januari 2022 ini.

"Sambil proses ini kita memproses yang lain, kita tidak tergantung oleh satu. Intinya kita sudah ada ancang-ancangnya," kata dia.

Terkait kloter keberangkatan jamaah umrah, lanjut Arifin mengatakan paling tidak ada empat kloter yang masing-masing sebanyak 300 orang. Satu kloter itu akan dikumpulkan terlebih dahulu menggunakan kebijakan one gate policy di Asrama Haji Jakarta. Hal ini dilakukan untuk skrining kesehatan dan proses karantina jemaah umrah sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi melalui bandara Soekarno Hatta.

"Otomatis sesuai dengan jumlah yang mendaftar mungkin pertama kita harapkan paling ada 4 kloter, tapi tanggalnya bisa berbeda-beda. Kita gunakan one gate policy melalui asrama haji Jakarta, paling tidak 4 rombongan lewat sana kemudian nanti kita evaluasi," ucapnya.

 

1
/
2