Bima Sakti Ungkap Strategi Timnya Taklukan Timnas Vietnam U-16 di Piala AFF U-16

Andhika Khoirul Huda
Sabtu 06 Agustus 2022 23:47 WIB
Bima Sakti Ungkap Strategi Timnya Taklukan Timnas Vietnam U-16 di Piala AFF U-16
Bima Sakti ungkap strategi saat timnya taklukan Timnas Vietnam U-16. (Foto: celebrities.id/Instagram: @PSSI)

SLEMAN, celebrities.id  – Timnas Indonesia U-16 berhasil menaklukkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor tipis 2-1, dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022.

Merespons kemenangan ini,  Bima Sakti, Pelatih Indonesia menyebut perubahan perubahan taktik yang dilakukannya, berhasil menghasilkan comeback pada babak kedua.

Berlaga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam WIB, Pasukan Garuda Muda mendapatkan perlawanan sengit dari Vietnam pada babak pertama. 

Mereka pun tertinggal 0-1 lebih dulu oleh gol penalti Nguyen Cong Phuong pada menit 41.

Namun, pada awal babak kedua Tim Merah-Putih langsung tancap gas dan mengambil inisiatif serangan.

 Hasilnya, mereka mampu berbalik unggul 2-1 dalam sembilan menit pertama paruh kedua, lewat dua gol yang masing-masing dicatatkan oleh Arkhan Kaka Putra dan Muhammad Nabil Asyura, pada menit 51 dan 54.

 “Tadi saya sampaikan ke semua pemain ‘inisiatif di menit awal’ karena biasanya di menit awal babak pertama atau akhir itu masa-masa krusial dalam sepakbola. Begitu juga di babak kedua,” kata Bima Sakti dalam konferensi pers pasca laga, Sabtu (6/8/2022).

“Oleh sebab itu saya katakan pada mereka tadi ‘tolong manfaatkan peluang, cepat melakukan serangan balik karena Vietnam selalu memakai tiga bek di belakang. Jadi kalau kita build up lagi bek mereka keburu lima lagi, karena full back kanan-kiri itu sudah turun," Ucapnya. 

"Karena itu kita harus cepat lakukan serangan balik dan crossing ke kotak penalti. Dan Alhamdulillah bisa mendapatkan dua gol di awal babak kedua,” tuturnya lagi.

 

1
/
2