Bintik Hitam Bikin Insecure, Jangan Sampai Kena Mental

Icon CameraSri Lestari Rahayuningtyas
Jumat 03 Maret 2023 14:25 WIB
Bintik Hitam Bikin Insecure, Jangan Sampai Kena Mental
Bintik hitam di wajah ternyata bikin insecure. (Foto: Ilustrasi/Boldsky)

JAKARTA, celebrities - Punya masalah dengan kulit seperti bintik hitam di wajah ternyata bikin insecure (tidak nyaman) dan berdampak pada kesehatan mental. 

“Bintik hitam atau dark spot dapat muncul karena berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari yang berdampak pada produksi melanin pada kulit,” kata Head of eCommerce Beiersdorf Indonesia Indra Pribadi Agustian dalam acara peluncuran kolaborasi NIVEA bersama ilustrator lokal, Jumat (3/3/2023).

Secara rinci, penyebab timbulnya bintik hitam alias hiperpigmentasi karena ketidakseimbangan hormon pada wanita hamil dan menopause, kulit yang cenderung berminyak, disposisi genetik dan faktor penuaan. 

Sifat hiperpigmentasi yang susah dihilangkan, menurut Indra, membuat kepercayaan diri menurun. Apalagi solusi untuk mengatasi dark spot pada kulit wajah belum mampu mengatasi secara efisien karena terkait dengan iklim tropis.

“Tinggal di iklim tropis, para perempuan Indonesia akan lebih terkena risiko paparan sinar matahari yang menjadi salah satu penyebab dark spot,” kata Indra.
Kepercayaan diri kaum Hawa pun mulai ditingkatkan dengan memberikan wawasan tentang formula tepat untuk mengurangi efek hiperpigmentasi. Lewat sebuah karya, ilustrator perempuan andal dari Jakarta Kathrin Honesta mengutarakan hal tersebut. 

“Dark spot membuat tampilan kulit menjadi tidak sehat dan membuat wanita menjadi insecure. Apabila tidak diproteksi sedini mungkin, maka akan berdampak jangka panjang. Maka perlu investasi dengan merawat kulit, terutama wajah, melalui untuk mencegah masalah kulit timbul,” kata Indra.

Karya-karyanya selalu mengusung pesan tentang cerita kedalaman hidup dinilai cocok dengan pesan yang dibawa tentang menyetop rasa tidak percaya diri (stop insecure) dan berani meraih kecantikan diri.

Ilustrasi Kathrin tentang sosok perempuan akan dihadirkan bersama pengetahuan tentang pentingnya mengatasi masalah kulit dengan formula cell-activating Hyaluronic acid dan vitamin E. Kampanye membangkitkan rasa percaya diri  juga disemarakkan lewat tema “The Luminous Journey”.

Kathrin menerima tantangan berkarya untuk kepercayaan diri perempuan karena merasa memiliki narasi yang selaras. “The Luminous Journey ini mengisahkan tentang perjalanan seorang wanita yang sempat kehilangan cahaya dirinya dalam gelap dan  akhirnya menemukan cahaya yang menuntun kembali. Jangan biarkan dark spot menghalangimu untuk berani memulai cerita,” ujar salah satu ilustrator yang karyanya pernah menjadi Google Doodle 2021 ini.
 

Editor : Mohammad Saifulloh

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.