Bio Farma Siap Kenalkan Alat Tes PCR Kanker Serviks, 15 Menit Hasil Langsung Diketahui

Icon CameraArif Budianto
Minggu 22 Januari 2023 17:53 WIB
Bio Farma Siap Kenalkan Alat Tes PCR Kanker Serviks, 15 Menit Hasil Langsung Diketahui
Bio Farma siap kenalkan alat tes PCR kanker serviks. (celebrities.id/Dok Bio Farma)

BANDUNG, celebrities.id - PT Bio Farma akan memproduksi alat pendeteksi dini kanker serviks HPV-hr-qPCR bernama Cervi Scan dalam waktu dekat. 

Tes cepat ini mampu mendeteksi 14 tipe HPV high risk penyebab kanker serviks, penyebab kematian terbesar di Indonesia. 

Menurut Produk Manajemen PT Bio Farma, Nida Amelia Hashifah, produk ini nantinya mampu mendeteksi kanker serviks hanya menggunakan urine. 

Metode ini dianggap lebih mudah dibandingkan pemeriksaan melalui alat kelamin, yang menyebabkan banyak perempuan enggan melakukan deteksi dini. 

"Alat ini memiliki kemampuan genotyping untuk HPV high risk tipe 16, 18, dan 52. Alat ini juga kompatibel dibaca di semua mesin PCR dengan hasil sekitar 15 menit," jelas Nida pada acara Media Gathering Bio Farma di Sari Ater akhir pekan ini. 

Alat ini telah diuji kepada 900 subjek urine selama proses uji klinis. Hasil uji klinis menunjukkan Servi Scan mampu mendeteksi kanker serviks walaupun urine tidak dalam kondisi fresh. 

Nida menyebutkan, kit ini akan mulai diedarkan setelah diluncurkan dalam waktu dekat. Tahap awal, Bio Farma akan memproduksi sekitar 800 ribu buah untuk di sebar ke sejumlah fasilitas kesehatan di Indonesia. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2