Bio Farma Stop Produksi Vaksin Covid-19, Sebut Stok IndoVac Mencukupi

Icon CameraArif Budianto
Minggu 22 Januari 2023 09:04 WIB
Bio Farma Stop Produksi Vaksin Covid-19, Sebut Stok IndoVac Mencukupi
Bio Farma stop sementara produksi Vaksin Covid-19 karena kasus melandai dan stok mencukupi. (Foto: celebrities.id/Instagram @biofarma)

BANDUNG, celebrities.id - PT Bio Farma telah menghentikan sementara produksi vaksin Covid-19 IndoVac. Hal itu seiring dengan kecukupan stok vaksin dan belum adanya permintaan dari Kementerian Kesehatan.

"Stok vaksin IndoVac saat ini masih mencukupi. Sementara kami stop dulu (produksi), sambil menunggu order dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan)," kata Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir di Bandung pada acara Media Gathering Bio Farma, akhir pekan lalu. 

Di sisi lain, pandemi Covid-19 yang mulai mereda membuat cakupan vaksinasi Covid-19 sudah cukup tinggi. 

Aturan perjalanan juga telah mencabut persyaratan vaksinasi. Belum lagi sebanyak 500 juta dosis telah didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia sejak pandemi berlangsung. 

"Memang pandemi mungkin telah berakhir, tetapi sebagai ketahanan kesehatan nasional, kita tetap butuh. Saat ini yang belum divaksin adalah anak-anak di bawah enam tahun. Mereka belum terproteksi," tutur Honesty. 

Melihat kondisi pandemi yang mulai mereda ini, kata dia, Bio Farma akan terus mengembangkan vaksin IndoVac yang merupakan vaksin buatan anak bangsa. Vaksin IndoVac kedepan akan dikembangkan menjadi vaksin multi strine untuk menangkal berbagai virus corona. 

"Bagaimana IndoVac akan kami kembangkan menjadi vaksin multi strain. Sehingga kalau ada serangan virus baru, kami sudah siap," ucapnya.

Namun, dengan berakhirnya pandemi, ke depan vaksin Covid bisa jadi tidak ditanggung pemerintah, sehingga vaksin tersebut bisa jadi akan dijual untuk memenuhi kebutuhan khusus warga.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News