Biodata dan Profil Budi Gunawan, Kepala Badan Intelijen Negara

Jasmine Firyaal Ariiqah
Kamis 23 Juni 2022 18:08 WIB
Biodata dan Profil Budi Gunawan, Kepala Badan Intelijen Negara
Kepala BIN Budi Gunawan. (Foto: okezone)

JAKARTA, celebrities.id – Biodata dan Profil Budi Gunawan menarik perhatian masyarakat. Pasalnya, Budi Gunawan merupakan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). 

Budi Gunawan ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Kepala BIN pada September 2016, menggantikan Sutiyoso. 

Mempunyai pengalaman yang sangat baik dalam persoalan menegakan hukum yang kuat, hal tersebut menjadikan sebuah alasan Presiden Joko Widodo memilih Budi Gunawan untuk menjadi Kepala BIN. 

Dilansir Okezone pada Rabu (23/6/2022), berikut biodata dan profil Budi Gunawan yang sudah di rangkum oleh celebrities.id.

Biodata Budi Gunawan

Nama Lengkap : Budi Gunawan
Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : 11 Desember 1959
Usia : 63
Agama : Islam
Almamater : Akademi Kepolisian (1983)
Nama Istri : Susilawati Rahayu
Nama anak : Mochamad Herviano Widyatama. 
Kewarganegaraan : Indonesia

 

Profil Budi Gunawan

Kepala Badan Intelijen Negara yang lahir di Surakarta ini pernah menjabat menjadi ajudan mantan Presiden Megawati Soekarno Putri. Dan jabatan tersebut bertahan sampai tahun 2004.

Pada masa pendidikannya, Budi Gunawan termasuk sebagai anak yang berprestasi. Beliau tercatat sebagai orang yang meraih peringkat satu pada saat bersekolah di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (SESPIM), Sekolah Perwira Tinggi (SESPATI). Budi Gunawan juga memposisikan dirinya sebagai lulusan terbaik dan meraih penghargaan  Adhi Makayasa. 

Pada tahun 2004-2006 beliau menjabat menjadi Karobinkar SSDM Polri, ia juga pernah menjabat menjadi Kaselapa Lemdiklat Polri dari 2006-2008. Tidak sampai disitu saja, Budi Gunawan juga pernah menjabat menjadi Kapolda Jambi di tahun 2008-2009, Kepala Divisi Pembinaan Hukum, Kapolda Bali, Serta Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.  

Di tahun 2016 tepatnya pada tanggal 9 September, Budi Gunawan diangkat oleh Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menjabat menjadi Kepala Badan Intelijen Negara dan dinaikan pangkatnya menjadi bintang empat. 

Itulah Biodata dan Profil Budi Gunawan. Simak Informasi lainnya di celebrities.id.

Editor : Hadits Abdillah