Biodata dan Profil Rio Haryanto, Mantan Pembalap F1 yang Diisukan Dekat dengan Larissa Chou 

Sakinah Anjeli Permatasari
Kamis 22 September 2022 22:11 WIB
Biodata dan Profil Rio Haryanto, Mantan Pembalap F1 yang Diisukan Dekat dengan Larissa Chou 
Biodata dan Profil Rio Haryanto (Foto: celebrities.id/Instagram @rharyantoracing)

JAKARTA, celebrities.id – Rio Haryanto merupakan mantan pembalap F1 asal Indonesia, sekaligus seorang pengusaha. Kini, Rio sudah meninggalkan dunia balap dan memilih untuk fokus pada bisnisnya. Mari simak biodata dan profil Rio Haryanto terbaru. 

Nama Rio Haryanto menjadi perbincangan publik karena diisukan sedang menjalin kedekatan dengan Larissa Chou, yaitu seorang mualaf keturunan China. Namun, isu tersebut mendapatkan berbagai respons dari netizen. 

Untuk mengenal Rio Haryanto lebih dalam berikut celebrities.id rangkum dari berbagai sumber, biodata dan profil Rio Haryanto selengkapnya Kamis (22/09/2022) 

Biodata dan Profil Rio Haryanto

Biodata Rio Haryanto

Nama Lengkap: Rio Haryanto
Umur: 29 tahun
Tanggal Lahir: 22 Januari 1993
Tempat Lahir: Solo, Jawa Tengah
Zodiac: Capricorn
Tinggi Badan: 170 cm
Berat Badan: 60 kg
Agama: Islam
Pendidikan: Universitas Anglia Ruskin
Profesi: Pembalap mobil (2010-2020), Pengusaha (2017-sekarang)
Orang Tua: Sinyo Haryanto (ayah) dan Indah Pennywati (ibu)
Saudara: Roy Haryanto, Ricky Haryanto, Ryan Haryanto
Instagram: @rharyantoracing

 

Profil Rio Haryanto

Rio Haryanto merupakan seorang mantap pembalap F1 2016, yang mengharumkan nama Indonesia karena dirinya resmi menjadi pembalap F1 pertama dari Indonesia. Kabar baik tersebut diumumkan langsung oleh Manor Racing, oleh timnya yang berbasis di Inggris. 

Pria kelahiran solo berdarah Tionghoa ini merupakan anak bungsu dari empat bersaudara yang , dari pasangan Sinyo Haryanto. Diketahui ayahnya juga merupakan mantan pembalap nasional, dengan begitu Rio mengikuti jejak sang ayah yang sama-sama menyukai tantangan. 

Rio terjun di dunia balap selama 7 tahun, dengan berkiprah di dunia Gokart dan berhasil meraih berbagai prestasi dalam balap gokart. Penghargaan seperti atlet junior terbaik tahun 2005 dan tahun 2006 oleh Ikatan Motor Indonesia. 

Diketahui bahwa Rio pernah mengalami kecelakaan cukup parah di masa kecil, saat dirinya sedang berlatih Gokart. Gokart yang dikendarai Rio bertabrakan dengan seseorang pembalap motor juga yang sedang latihan. Sebab itu, tulang tangan Rio patah pada bagian siku dan mengharuskan untuk operasi di Singapura. 

Pada setelah kejadian tersebut, Rio tidak trauma dan saat pulih kembali dia semakin giat berlatih. Berjalannya waktu menjadikan Rio pembalap sukses dengan mendapatkan berbagai prestasi seperti Formula Asia 2.0: ke-3 (2008), Formula Renault Asia: ke-6 (2008, Juara Formula BMW Pacific (2009), Gp3 Series: ke-5 (2010), GP2 Series: ke-5 (2015, dan masih banyak lagi. 

Kini Rio memutuskan untuk meninggalkan dunia balap, dan fokus untuk menekuni dunia bisnis. Bisnis yang dikelolanya merupakan bisnis keluarga, yang bergerak di bidang percetakan dan kuliner. Diketahui bisnis percetakan tersebut adalah percetakan buku Kiky creative product. 

Itulah biodata dan profil dari Rio Haryanto yang sudah dirangkum oleh celebrities.id, nantikan informasi selanjutnya hanya di celebrities.id

Editor : Hadits Abdillah