Bisa Berdampak Fatal, Mclaren Recall 19 Mobil akibat Cacat pada Baut Sistem Pengereman

Bertold Ananda
Selasa 10 Agustus 2021 12:02 WIB
Bisa Berdampak Fatal, Mclaren Recall 19 Mobil akibat Cacat pada Baut Sistem Pengereman
Pabrikan mobil asal Inggris McLaren melakukan penarikan terhadap 19 tipe kendaraan akibat cacat pada baut sistem pengereman. (Foto: Carscoops)

JAKARTA, celebrities.id - Pabrikan mobil asal Inggris yaitu McLaren dan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) melakukan penarikan (recall) 19 tipe kendaraan akibat cacat pada salah satu komponen sistem pengereman.

Informasi dirangkum dari Carscoops, Selasa (10/08/2021), mengenai penarikan tersebut mencakup beberapa varian, di antaranya satu McLaren 570S, satu 600LT, tujuh GT, dan 10 tipe 720S yang diproduksi antara 8 Juli 2019 dan 15 Maret 2020. 

Pada kendaraan yang telah disebutkan ini pada sistem pengereman terdapat baut banjo yang diproduksi secara tidak benar oleh pemasok, menurut dokumen penarikan.

Baut banjo digunakan untuk memasang pipa rem antara selang flexi dan kaliper rem. Baut ini  terdapat lubang yang dibor di dalamnya yang dirancang untuk memungkinkan cairan hidraulik mengalir dari saluran ke kaliper. Beberapa mungkin tidak memiliki lubang yang dibor ke dalamnya, yang berarti bahwa tidak ada daya pengereman ke sudut kendaraan itu.

Kendaraan yang terkena masalah ini akan cenderung menarik ke arah yang berlawanan dengan sisi mobil yang cacat karena sisi mobil dengan baut banjo yang buruk memiliki daya pengereman yang lebih kecil. 

 

1
/
2