Blonde Jadi Film Pertama Netflix yang Dapat Rating NC-17, Ini Maknanya

Dhearowin Qatrunnada
Senin 12 September 2022 13:06 WIB
Blonde Jadi Film Pertama Netflix yang Dapat Rating NC-17, Ini Maknanya
Film Blonde dapat rating NC-17 di Netflix. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id – Film yang diadaptasi dari novel basutan Joyce Carol Oates, berjudul “Blonde” diketahui akan tayang perdana pada 23 September 2022 melalui situs streaming online, Netflix. 

Film ini akan menjadi film Netflix pertama yang mendapat rating NC-17. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa konten dewasa di dalamnya. Lantas, apa sebenarnya makna dari rating NC-17?

Rating perfilman berasal dari Motion Picture Association of America (MPA) yang didirikan sebagai Produser sekaligus Distributor Film Amerika pada 1922 oleh berbagai studio besar yang memproduksi film. 

Sistem rating kemudian diperkenalkan di 1968, yang kemudian mengklasifikasikan film sebagai G, M, R, atau X. Hingga akhirnya, pada 1990, film-film yang hanya bisa ditonton oleh orang dewasa dan tidak dapat disaksikan oleh anak di bawah usia 17 tahun tersebut diberikan peringkat ‘X‘ 

Namun sekitar 1980, industri pornografi menggunakan simbol yang sama dengan mulai menggunakan peringkat ‘X‘. Sejak saat itu, karena MPA sendiri tidak memiliki hak cipta atas simbol ‘X‘ tersebut maka akhirnya diputuskan untuk diubah menjadi NC-17.

Dilansir dari Time pada Senin (12/9/2022), Ana de Armas yang turut berperan dalam film Blonde merasa sangat keberatan setelah mengetahui film yang dia perankan itu mendapatkan rating NC-17. 

Dia mengungkapkan bahwa setiap momen yang ditayangkan dalam film tersebut merupakan hal yang penting untuk disaksikan guna mengungkap cerita Blonde dan memahami Monroe sebagai tokoh budaya.

Editor : Tia Ayunita