BMKG Ungkap Faktor Penyebab Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Apa Saja?

Binti Mufarida
Minggu 19 Juni 2022 11:46 WIB
BMKG Ungkap Faktor Penyebab Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Apa Saja?
Faktor penyebab kualitas udara Jakarta terburuk. (celebrities.id/Undark magazine)

JAKARTA, celebrities.id - Kualitas udara di wilayah Jakarta dalam beberapa hari terakhir menjadi perhatian publik. 

Pasalnya, terjadi peningkatan konsentrasi PM2.5 sehingga menempatkan Jakarta masuk kategori kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

“Khusus pada beberapa hari terakhir PM2.5 mengalami lonjakan peningkatan konsentrasi dan tertinggi berada pada level 148 µg/m3. PM2,5 dengan konsentrasi ini dapat dikategorikan dalam kategori kualitas udara tidak sehat,” tulis Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Urip Haryoko dikutip dari keterangan resminya, Minggu (19/6/2022).

Diketahui, PM2.5 merupakan salah satu polutan udara dalam wujud partikel dengan ukuran yang sangat kecil, yaitu tidak lebih dari 2,5 µm (mikrometer). 

Dengan ukurannya yang sangat kecil ini, PM2.5 dapat dengan mudah masuk ke dalam sistem pernapasan, dan dapat menyebabkan gangguan infeksi saluran pernapasan dan gangguan pada paru-paru.

Selain itu, PM2.5 dapat menembus jaringan peredaran darah dan terbawa oleh darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner.

Urip mengatakan peningkatan konsentrasi PM2.5 di wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Seperti dipengaruhi oleh berbagai sumber emisi baik yang berasal dari sumber lokal, seperti transportasi dan residensial, maupun dari sumber regional dari kawasan industri dekat dengan Jakarta.

 

1
/
2