Bocoran Lukman Sardi untuk Peserta WMM 2021: Coba Keluar dari Zona Nyaman!

Anggie Ariesta
Selasa 14 September 2021 12:32 WIB
Bocoran Lukman Sardi untuk Peserta WMM 2021: Coba Keluar dari Zona Nyaman!
Lukman Sardi jadi juri WMM 2021. (Foto: MPI)

JAKARTA, celebrities.id - Wirausaha Muda Mandiri 2021 yang diadakan PT Bank Mandiri Tbk tahun ini berlangsung berbeda. 

WMM tahun ini tak lagi mengusung konsep awarding, di mana peserta yang lolos ke tahap nasional akan berjuang untuk memperebutkan hadiah sebanyak-banyaknya dalam WMM Capital League, yang rencananya digelar di Bali dan Jakarta.

Produser MNC Pictures dan Juri WMM 2021, Lukman Sardi mengatakan program kompetisi WMM 2021 akan diisi oleh banyak ide kreatif baru oleh peserta.

"Aku lihat ini kan luar biasa banget ya acara Wirausaha Muda Mandiri ini ya maksudnya kalau kita bicara konsep kreatif atau apapun itu, aku kebayang sih berapa banyak ide-ide karya-karya yang luar biasa akan muncul, contohnya tadi cerita yang tambak itu sangat berbekas sih karena kan kita bicara soal sesuatu yang dipake dan berdampak bukan hanya publik," katanya dalam Konferensi Pers Kick Off WMM 2021 dari Plaza Mandiri Jakarta, Senin (13/9/2021). 

Menurut Lukman, hal penting yang harus dimiliki peserta adalah sesuatu yang berdampak buat orang itu sendiri dan juga masyarakat Indonesia bahkan mungkin berdampak untuk dunia.

"Buat aku ya coba berpikir diluar ekspektasi, coba temen-temen pikirkan sesuatu yang mungkin diluar comfort zone kalian gitu, yang bisa jadi sesuatu yang even dunia aja ga percaya, menemukan sesuatu yang bikin kita amazed," ungkap Juri WMM 2021 itu.

 

Dengan hanya berbekal membawa ide bisnis dengan karya yang baru, peserta diharap jangan khawatir karena Bank Mandiri akan menyediakan semuanya.

"Karena buat aku kan ini udah ada tempatnya ya (WMM) di support luar biasa sama Bank Mandiri, dibina lagi, juga tadi Pak Rohan bilang hingga akhirnya kita bisa istilahnya me-market-kan atau memasarkan karya-karya mereka, apalagi yang perlu dipikirin gitu, tinggal kalian pikirin hal-hal yang diluar comfort zone itu sendiri, yang tidak pernah terpikir mungkin itu sesuatu yang sederhana tapi punya dampak luar biasa bagi masyarakat," jelas Lukman.

Tercatat, 50 ribu wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta. Mengusung tema 'Livin The Dream’, kompetisi WMM 2021 akan mengadu inovasi wirausaha muda di lima kategori yaitu, industri perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang adalah Rp2,5 miliar.

Sebagai rangkaian dari pre-event kompetisi, anak muda yang sedang merancang model bisnis usahanya juga dapat mendaftarkan diri dalam kategori business plan. Selanjutnya, seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wirausahamandiri.co.id pada 13 September - 12 Oktober 2021. Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional pada 12 - 23 Oktober 2021.

Editor : Endang Oktaviyanti