Bolehkah Anak Usia 6-17 Tahun Terima Booster? Ini Penjelasan Ahli Epidemiologi

Muhammad Sukardi
Selasa 21 Juni 2022 11:01 WIB
Bolehkah Anak Usia 6-17 Tahun Terima Booster? Ini Penjelasan Ahli Epidemiologi
Bolehkah Anak Usia 6-17 Tahun Terima Booster? Ini Penjelasan Ahli Epidemiologi. (Foto: Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengizinkan anak usia enam bulan hingga lima tahun disuntik vaksin Covid-19. Rekomendasi ini memicu pertanyaan, apakah ini saatnya usia enam hingga 17 tahun menerima booster? 

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menjelaskan bahwa sampai saat ini vaksin booster untuk usia enam hingga 17 tahun belum diperuntukan bagi kelompok umum. 

"Vaksin booster untuk enam hingga 17 tahun diprioritaskan bagi mereka yang rentan. Artinya, anak-anak dan remaja yang punya komorbid memang diutamakan menerima booster," ucapnya, Selasa (21/6/2022). 

Dicky Budiman melanjutkan anak-anak yang memiliki komorbid itu jumlahnya banyak. Tak sedikit dari anak-anak itu yang punya masalah obesitas, penyakit jantung, hipertensi, bahkan diabetes. Kelompok itu yang menurut Dicky perlu mendapat prioritas vaksin booster.

"Nanti kalau sudah satu sampai dua bulan ke depan, dievaluasi lagi. Terlebih jika cakupannya boosternya tinggi hingga 70 persen pada kelompok rentan, maka mungkin populasi umum bisa terima booster setelahnya," katanya. 

 

1
/
2