Bolehkah Memakai Masker Wajah Setiap Hari? Ini Jawabannya

Oktiani Endarwati
Kamis 09 Juni 2022 15:21 WIB
Bolehkah Memakai Masker Wajah Setiap Hari? Ini Jawabannya
Bolehkah memakai masker wajah setiap hari? (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.idMasker wajah memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, berjerawat, mengecilkan pori-pori hingga menjaga kelembapan wajah. Manfaat ini yang membuat sebagian besar wanita memilih untuk rutin memakai masker setiap hari.

Pertanyaannya, bolehkah memakai masker wajah setiap hari? Apakah aman dilakukan? Apa dampaknya jika dipakai setiap hari?

Untuk mengetahui lebih lanjut, celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/6/2022) mengenai efek pemakaian masker wajah jika digunakan setiap hari dan waktu yang tepat dalam memakai masker.

Bolehkah Memakai Masker Wajah Setiap Hari?

Penggunaan masker wajah memang bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Namun, masker wajah tidak boleh digunakan setiap hari. Memakai masker wajah setiap hari malah akan membuat kulit kamu kering. 

Fungsi utama pemakaian masker wajah adalah untuk menambah kadar air di wajah dan menyerap minyak berlebih. Jika terlalu lama memakai masker wajah justru akan memberikan efek sebaliknya. Masker akan menyerap minyak di wajah secara terus-menerus, termasuk minyak alami di kulit wajah dan membuat wajah kamu kering. 

Untuk itu, tidak boleh memakai masker wajah setiap hari. Apalagi jika kamu memiliki masalah kulit kering. Pemakaian masker wajah setiap hari akan membuat kulit semakin kering dan menghilangkan kelembapan alami wajah.

Di sisi lain, kamu juga harus memperhatikan jenis masker yang digunakan karena bergantung pada tipe kulit yang kamu miliki. Pilih masker wajah sesuai jenis kulit agar memberikan hasil yang optimal.

Waktu Terbaik untuk Pakai Masker Wajah

Masker wajah sebaiknya digunakan dua sampai tiga kali dalam seminggu selama 20 menit untuk semua jenis kulit. Hal ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah kamu untuk bernapas sekaligus menyeimbangkan minyak di kulit wajah. Hasilnya, kulit wajah kamu akan lembap dan sehat.

Jika pemakaiannya lebih dari itu maka kulit berisiko mengalami iritasi, berjerawat, kering, hingga mengganggu kelembapan. 

Sebelum memakai masker wajah, pastikan mengecek daftar kandungan pada label produk. Hindari kandungan alkohol di dalam masker wajah karena akan membuat kulit wajah terasa kering.

Berikut cara memakai masker wajah yang benar agar hasilnya terserap dengan baik.
1. Pilih masker wajah sesuai jenis kulit.
2. Bersihkan wajah dari sisa riasan dan kotoran sebelum menggunakan masker wajah.
3. Gunakan masker wajah selama 20 menit.
4. Bilas dengan air hangat dan gosok perlahan hingga bersih.

 

1
/
2