Bolehkah Membagi Harta Warisan saat Masih Hidup? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Ayuningtyas Notomihardjo
Jumat 26 November 2021 05:06 WIB
Bolehkah Membagi Harta Warisan saat Masih Hidup? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad menjelaskan mengenai harta warisan. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Harta warisan sudah ditentukan oleh Allah dengan hukum yang adil. Itu termasuk dalam menentukan besaran dan kapan waktu pembagiannya.

Sering kali muncul pertanyaan bolehkah pembagian harta warisan saat masih hidup? Lalu Ustadz Abdul Somad (UAS) memberikan jawaban tentang hal tersebut.

Istilah harta warisan merupakan pembahasan sensitif bagi sebagian keluarga, tak jarang hal itu bisa memutuskan tali persaudaraan. 

Oleh karena itu, cara membagi harta warisan diungkap Ustadz Abdul Somad, agar tidak salah kaprah termasuk apakah boleh dibagikan saat masih hidup.

Membagi harta warisan rupanya memiliki dua cara yakni bisa dilakukan saat masih hidup dan sesudah meninggal. Keduanya, jelas memiliki perbedaan dengan perhitungan dan juga berbagai pertimbangan.

Harta warisan bisa dibagikan saat masih hidup, jika diserahkan saat sudah meninggal, itu dinamakan wasiat. Jumlah wasiat yang diberikan pun tidak boleh melebihi sepertiga dari total harta.

"Kalau dibagi (saat) masih hidup, namanya hibah, kalau dibagi (saat) masih hidup tapi diserahkan sesudah mati, (itu) namanya wasiat, wasiat tak boleh lebih dari total sepertiga harta," ujar Ustadz Abdul Somad, dalam video akun Facebook ISLAM, Jumat (26/11/2021).

 

1
/
2