Bolehkah Menggabung Puasa Rajab dan Puasa Qadha Ramadan, Begini Hukumnya

Icon CameraNovie Fauziah
Selasa 24 Januari 2023 20:45 WIB
Bolehkah Menggabung Puasa Rajab dan Puasa Qadha Ramadan, Begini Hukumnya
Hukum menggabungkan puasa Rajab dan qadha Ramadan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Tidak banyak umat Muslim yang mengetahui keistimewaan bulan Rajab. Rajab merupakan salah satu bulan yang diagungkan Allah SWT karena pada waktu tersebut setan-setan dilempari dan dikutuk supaya tidak mengganggu atau menggoda orang-orang saleh dan salehah.

Tidak hanya itu, bulan Rajab disunahkan berpuasa sebagai bentuk amalan saleh dan tanda syukur karena di waktu tersebut terdapat berbagai keutamaan. 

Namun, terkadang sebagian umat Islam masih memiliki qadha atau masih berutang puasa wajib, ini membuat bimbang apakah boleh menggabungkan antara puasa Rajab dan qadha?

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), KH Sirril Wafa mengatakan, menggabungkan puasa Rajab dan puasa qadha hukumnya mubah atau diperbolehkan.

"Boleh, tapi yang diutamakan puasa qadhanya. Puasa qadha sebagai niat utama, sementara puasa sunah rajabnnya sebagai niat keduanya (yang mengikutinya)," ujarnya saat dihubungi, beberapa waktu lalu.

Sementara itu Ketua Ikatan Sarjana Quran dan Hadist, Ustadz Fauzan Amin menuturkan, wajib mendahulukan sesuatu yang hukumnya memang diwajibkan, misalnya melaksanakan puasa qadha dimana diharuskan untuk membayarnya.

"Wajib mendahulukan perintah wajib daripada perintah sunah. Mengqodha puasa hukumnya wajib, dan jika tidak dilakukan dosa. Sementara puasa Rajab hukumnya sunah, jika ditinggal tidak dosa," katanya.

Lebih lanjut, kata dia, jika keduanya digabungkan antara puasa sunah Rajab dan puasa qadha hukumnya sah apabila dilakukan dengan niat berpuasa secara mutlak. 

"Artinya tidak disyaratkan ta’yin (menentukan jenis puasanya). Contoh berniat 'Aku niat puasa karena Allah' tidak perlu ditambahkan karena melakukan kesunnahan puasa Rajab," terangnya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2