Bolehkah Pakai Natural Oil untuk Menghilangkan Bekas Dermatitis Atopik? Ini Kata Dokter

Rizky Pradita Ananda
Jumat 26 November 2021 14:11 WIB
Bolehkah Pakai Natural Oil untuk Menghilangkan Bekas Dermatitis Atopik? Ini Kata Dokter
Bolehkah Pakai Natural Oil untuk Menghilangkan Bekas Dermatitis Atopik. (Foto: Healthtap)

JAKARTA, celebrities.id - Bekas-bekas menghitam pada kulit memang menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh orang dengan dermatitis atopik. Sebagai after-effect kulit yang kering, lalu gatal dan memerah.  

Bekas gatal dan peradangan yang awalnya memerah tersebut, lalu lama-lama bisa menebal dan berubah warna jadi menghitam. Tentunya bisa menganggu penampilan dan akhirnya membuat kepercayaan diri menurun.

Dari sekian banyak produk skincare yang tersedia di pasaran, apakah produk seperti natural oil aman dipakai untuk menghilangkan bekas-bekas menghitam yang disebabkan oleh dermatitis atopic tersebut?

Nah bagi Anda penderita dermatitis atopic, boleh bernafas lega karena seperti dijelaskan dr. Arini Widodo, SpKK, dari segi medis natural oil ini boleh dan aman-aman saja untuk dipakai orang dengan dermatitis atopik.

“Jadi, hilangin keringnya, hilangin eksimnya dan bekasnya. Bisa pakai natural oil, cari produk yang aman untuk eksim, psoriasis dan memang sudah diuji. Natural oil ada chamomile, sunflower seed, banyak kandungan minyak yang mengurangi peradangan. Inflamasi berkurang, eksimnya bisa diperbaiki, dan bisa mencegah bekasnya menghitam,” jelas dr. Arini dalam gathering daring baru-baru ini.

Dokter Arini menyarankan, mengingat eksim atopic ini adalah tipe yang tidak bisa hilang sepenuhnya tapi bisa dicegah kambuhnya. Maka pemakaian pelembap jadi sangat penting, untuk mencegah kulit menjadi kering.

“Eksim atopik ini harus rutin pakai pelembap, jadi membantu cegah eksim atopiknya kambuh. Ini enggak bisa hilang 100 persen, tapi bisa dicegah kambuhnya. Satu lagi, pilih produk yang hypoallergenic,” katanya singkat.

Editor : Endang Oktaviyanti