Bolehkah Seorang Wanita Melamar Laki-Laki? Ustadzah Imaz Fatimatuz Zahra Singgung Pinangan Siti Khadijah

Hasyim Ashari
Kamis 26 Mei 2022 03:31 WIB
Bolehkah Seorang Wanita Melamar Laki-Laki? Ustadzah Imaz Fatimatuz Zahra Singgung Pinangan Siti Khadijah
Bolehkah wanita melamar laki-laki. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Melamar atau dalam Islam dikenal dengan khitbah ialah proses pemberitahuan bahwa seseorang berminat atau menawarkan diri pada orang lain untuk menikahinya. Melamar pada umumnya dilakukan seorang laki-laki kepada perempuan yang dicintainya. 

Lalu, bagaimana jika kebalikannya, wanita yang melamar pria? Bagaimana hukumnya?

Menjawab pertanyaan tersebut, Ustadzah Ning Imaz Fatimatuz Zahra mengatakan apabila dilihat dari hukum fiqih seorang wanita yang ingin melamar laki-laki malah justru mencerminkan tingginya status sosial perempuan tersebut.

"Kalau menilik dari hukum fiqih itu sendiri justru wanita yang menyatakan cintanya kepada laki-laki itu tanda tingginya status sosial perempuan tersebut sehingga tidak ada larangan untuk melakukan hal tersebut," ucapnya dalam video yang diunggah di TikTok, @nu_online, Rabu (25/5/2022).

Hal ini, kata Ning Imaz pernah terjadi pada zaman Nabi Muhammad SAW ketika Siti Khadijah menawarkan dirinya dengan mengutus perantara untuk menyampaikan hajatnya kepada Rasulullah.

"Buktinya, Siti Khadijah juga melamar kanjeng Nabi kan bukan Nabi yang melamar Khadijah," tutur Ning Imaz.

Hanya saja, di zaman modern seperti sekarang implementasi hukum harus dilihat dari minat seorang laki-laki. Apakah si laki-laki tersebut menunjukkan tanda-tanda suka atau tidak. Apabila tidak, seorang wanita sebaiknya harus menjaga marwah atau martabatnya.

"Tetapi dis ini, kalau mau mengimplementasikan hukum itu harus dilihat dulu dan sesuai realitas. Kira-kira yang laki-laki mau gak? Kalau enggak, ya wanita harus menjaga marwah kita dong," kata Ning Imaz.

Editor : Hadits Abdillah