BPOM Sebut Vaksin Covovax Sudah Lewati Evaluasi Data Klinik, Ini Hasilnya

Icon CameraAri Sandita
Selasa 13 September 2022 09:44 WIB
BPOM Sebut Vaksin Covovax Sudah Lewati Evaluasi Data Klinik, Ini Hasilnya
BPOM telah memberi persetujuan bagi Vaksin Covovax digunakan untuk usia 18 tahun atau lebih. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan BPOM memberi persetujuan perluasan Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin Covovax untuk penambahan dosis booster homolog untuk dewasa usia 18 tahun atau lebih. Adapun vaksin tersebut telah melalui evaluasi data klinik.

"Pemberian EUA Vaksin Covovax sebagai booster homolog dilakukan setelah BPOM bersama para ahli melakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu dan khasiat berdasarkan data-data uji klinik yang juga menjadi acuan para ahli yang terlibat," ujarnya, Senin (12/9/2022).

Menurutnya, hasil evaluasi terhadap aspek keamanan dan khasiat pemberian dosis booster pada dewasa berdasarkan data studi klinik fase 1/2 dan studi klinik fase 2a/b yang dilakukan pada subjek usia 18 tahun atau lebih. 

Hasil dua studi klinik tersebut memperlihatkan efektivitas pemberian booster enam bulan setelah vaksinasi primer lengkap pada kelompok usia 18 tahun ke atas.

"Hasil studi juga menunjukkan profil keamanan yang serupa dengan profil keamanan pada pemberian vaksinasi dosis primer, serta dapat ditoleransi dengan baik," tuturnya.

 

1
/
2