BRIN Pecahkan 2 Rekor MURI pada Hari Jadi Kebun Raya Bogor, Salah Satunya Penanaman Spesies Terbanyak 

Icon CameraPutra Ramadhani Astyawan
Kamis 19 Mei 2022 13:48 WIB
BRIN Pecahkan 2 Rekor MURI pada Hari Jadi Kebun Raya Bogor, Salah Satunya Penanaman Spesies Terbanyak 
Hari Jadi ke-205 Kebun Raya Bogor, BRIN menyabet dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). (Foto: IG @kebunraya_id)

BOGOR, celebrities.id - Pada peringatan Hari Jadi ke-205 Kebun Raya Bogor, Badan Riset Inovasi dan Nasional (BRIN) menyabet dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yakni penanaman spesies pohon terbanyak serentak di Kebun Raya dan penanaman pohon serentak terbanyak di Kebun Raya. 

"Total ada 102 spesies dari 48 suku yang pohon yang ditanam secara serentak di 22 Kebun Raya yang ada di Indonesia," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, di Kebun Raya Bogor, Rabu (18/5/2022).

Handoko berharap peringatan Hari Jadi ke-205 Kebun Raya Bogor ini mampu menjadi momentum awal untuk memperkuat posisi Kebun Raya di berbagai daerah. Tidak hanya untuk riset konservasi dan eduwisata, juga fungsi yang lain termasuk sains center, pemberdayaan UMKM di daerah berbasis teknologi dan tempat untuk berkesenian.

"Intinya kami ingin Kebun Raya bisa menjadi pusat aktivitas masyarakat. Ini adalah pendekatan baru, karena pengalaman kami dari pandemi dua tahun ini cukup berat bagi para pengelola Kebun Raya, sehingga ke depan kami lebih tingkatan Kebun Raya menjadi pusat aktivitas masyarakat," katanya.

Selain itu, dalam Hari Jadi ke-205 Kebun Raya Bogor pihaknya juga meresmikan Griya Anggrek. Tempat ini salah satu infrastruktur yang spesifik ditujukan untuk menyimpan koleksi tanaman anggrek. 

"Selain konservasi anggrek, Griya Anggrek ini nantinya akan menjadi pusat edukasi publik agar masyarakat bisa mengenal lebih jauh cara merawat anggrek. Kondisinya (anggrek) sampai saat ini Insya Allah terjaga dengan baik, kami akan terus melestarikan konservasi. Kami juga melakukan ekspansi dengan membangun green house di Cibinong," tuturnya.

 

1
/
2