BRIN Rancang Kendaraan Listrik Khusus Disabilitas, Dilengkapi Fitur Canggih

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Selasa 27 September 2022 00:07 WIB
BRIN Rancang Kendaraan Listrik Khusus Disabilitas, Dilengkapi Fitur Canggih
BRIN gandeng VIAR, rancang kendaraan listrik khusus disabilitas. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) merancang kendaraan listrik khusus untuk disabilitas. Bahkan, kendaraan tersebut disediakan box untuk berjualan, yang kian memudahkan sang penjual.

Kendaraan listrik khusus untuk penyandang disabilitas ini merupakan sebuah program riset yang sudah dilakukan sejak awal 2023.

Bekerja sama dengan VIAR, akhirnya tercipta kendaraan roda tiga yang akan dipamerkan dalam Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 di Jakarta Conventuon Center (JCC), pada 28-30 September.

“Kami mendesain ulang kendaraan roda tiga untuk memudahkan penyandang disabilitas untuk berniaga,” kata Yukhi Mustaqim Kusuma Sya’bana, periset dari Pusat Riset Mekatronika Cerdas BRIN dalam Webinar Talk to Scientist: Menuju Era Futuristik dengan Riset Kendaraan Listrik, pada Senin (26/9/2022).

Kendaraan roda tiga yang sudah dirancang sedemikian rupa agar ramah disabilitas, dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. 

Kendaraan ini juga memiliki kanopi untuk melindungi pengendaranya dari berbagai cuaca.

Box tambahan juga dilengkapi dengan penutup yang menggunakan motor penggerak, sehingga penjual tak perlu turun dari kendaraan. Pembeli juga dapat mengambil produk yang diinginkan secara mandiri.

“Kami akan melakukan pengujian pada penyandang disabilitas secara berulang, untuk melihat apakah produk ini cocok bagi mereka,” ujar Yukhi Mustaqim.

“Jadi, tujuan utamanya adalah memberikan keamanan, mudah, jelas, dan mempercepat kerja penyandang disabilitas,” ucapnya lagi.

 

1
/
2