BTS Beri Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek, Netizen Puji Jungkook Cs Gunakan Kata Seollal

Icon CameraLisvi Padlilah
Minggu 22 Januari 2023 09:58 WIB
BTS Beri Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek, Netizen Puji Jungkook Cs Gunakan Kata Seollal
BTS rayakan Imlek, dipuji netizen karena gunakan istilah Seollal. (Foto: celebrities.id/YouTube Bangtan TV)

SEOUL, celebrities.id - BTS membagikan video terbaru untuk merayakan Tahun Baru Lunar atau Imlek. Mereka pun mendapat pujian netizen karena menggunakan kata ‘Seollal’ yang merujuk pergantian kalender bulan.

Bukan tanpa sebab pujian tersebut dilayangkan fans untuk BTS. Pasalnya, melansir Allkpop pada Minggu (22/1/2023), masyarakat Korea Selatan memang memilih penggunaan istilah ’Seollal’ untuk merujuk Tahun Baru Lunar dibandingkan menggunakan term bahasa Inggris yang umum digunakan. 

Apalagi, tidak mungkin bagi mereka menggunakan istilah Chinese New Year yang sensitif bagi masyarakat Korea. 

Sebagaimana hal itu terjadi pada Danielle NewJeans yang dihujat netizen lantaran mengucapkan ‘Tahun Baru China’ alih-alih Tahun Baru Lunar atau pun ‘Seollal.’ Dia dengan segera mengucapkan permintaan maaf pada penggemar dan masyarakat Korea.

Video ucapan tahun baru ‘Seollal’ BTS dibagikan pada 21 Januari 2023. Fans memuji betapa bijak dan cerdasnya sang idol yang tidak terjebak dengan istilah-istilah asing.

“Ketika orang-orang berdebat tentang penggunaan tahun baru lunar atau Tahun Baru China, BTS dengan sederhana mengunggah video mengucapkan ‘Seollal,’” tulis netizen.

“Ini yang seharusnya dikalahkan, Seollal adalah Seollal,” tulis netizen lain.

Sebagai informasi, video tersebut agaknya dibuat sebelum Jin BTS pergi menjalankan wajib militer (wamil). Terlihat, dia juga duduk di sana. Yang lebih mengesankan, BTS juga mengenakan hanbok saat perekaman video. Sehingga, ARMY -sebutan fans BTS- pun tampak antusias.

“Ini sangat menyenangkan hati melihat tujuh member saat Seollal,” tulis netizen.

“Aku cinta BTS yang terus menyuarakan kesadaran kebudayaan. Seperti kebudayaan lain, kita harus lebih sering menggunakan bahasa Korea daripada menerjemahkanjya dalam istilah bahasa Inggris,” tulis Knetz.

“Aku harap lebih banyak Idol mengikuti BTS,” tulis netizen.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News