BTS Kalahkan Taylor Swift di Billboard, Lagu My Universe feat Coldplay Cetak Rekor

Rizky Pradita Ananda
Rabu 13 Oktober 2021 12:27 WIB
BTS Kalahkan Taylor Swift di Billboard, Lagu My Universe feat Coldplay Cetak Rekor
BTS kalahkan Taylor Swift di Billboard lewat lagu My Universe feat Coldplay. (Foto: celebrities.id/Instagram)

SEOUL, celebrities.id - BTS kembali mengukir prestasi mengagumkan di industri musik dunia. Pencapaian RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook kali ini mengalahkan Taylor Swift.

Mengutip ABS CBN, Rabu (13/10/2021), BTS baru saja mengukir sejarah di pasar musik lewat single lagu kolaborasinya bersama Coldplay, My Universe dengan memimpin peringkat penjualan lagu digital Digital Song Sales Billboard selama 45 pekan berturut-turut.

Rekor baru dari boy band Kpop yang menduduki tangga lagu Digital Song Sales Billboard selama 45 pekan ini, membuat BTS berhasil mengalahkan catatan rekor Taylor Swift, yang sebelumnya bertengger di peringkat tersebut selama 44 pekan berturut-turut.

Selain My Universe, lagu hits BTS lainnya seperti Butter juga menjadi lagu terlaris ketiga yang diunduh. bBrgabung dengan Dynamite, lagu bergenre pop disko yang dirilis pada 2020, sebagai hit No. 1 terlama dalam daftar otoritatif.

Butter juga dinobatkan sebagai Song of the Summer dan menjadi lagu pertama yang melampaui 1 juta pembelian pada 2021. Pencapaian yang sama dengan Despacito, hits dari Luis Fonsi, Daddy Yankee, dan Justin Bieber, sebagai lagu di peringkat pertama (kedua terlama) di daftar peringkat.

Sebagai tambahan, tidak ada penyanyi selain BTS yang mencetak dua rekor sekaligus. Bertengger lebih dari 15 minggu sebagai nomor satu di daftar peringkat Digital Song Sales.

Dalam daftar Digital Song Sales, BTS diketahui sudah memiliki 58 single. Dari jumlah ini, 27 lagu masuk ke peringkat 10 besar, dan sembilan lagu sukses meraih posisi nomor satu.

BTS yang dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai grup dengan streaming terbanyak sepanjang masa di platform Billboard sudah mengumpulkan sebanyak 20,8 miliar streaming. Mulai Januari 2021 saja, boy group yang debut pada 2013 ini sudah mendapatkan 6,7 miliar hits.

Editor : Dhita Seftiawan