BTS Raih Penghargaan Hwagwan Order of Cultural Merit, Minta Penangguhan Wamil

Hasyim Ashari
Jumat 26 November 2021 13:31 WIB
BTS Raih Penghargaan Hwagwan Order of Cultural Merit, Minta Penangguhan Wamil
BTS Raih Penghargaan Hwagwan Order of Cultural Merit, Minta Penangguhan Wamil. (Foto: Soompi)

SEOUL, celebrities.id - BTS dikabarkan telah mengajukan penangguhan pendaftaran wajib militer hingga 2022. Dengan demikian, boy group itu dapat melanjutkan aktivitas hingga tahun depan.

Hal tersebut berdasarkan peraturan dari Majelis Nasional Korea Selatan bahwa bagi individu yang berkarier di bidang budaya dan seni populer yang telah berkontribusi dalam meningkatkan status dan martabat nasional, maka dapat mengajukan penundaan pendaftaran. 

Maka dari itu, amandemen Undang-Undang Layanan Militer ini memungkinkan BTS untuk menunda wajib militer mereka hingga usia 30 tahun.

Sebab, mereka telah menerima Hwagwan Order of Cultural Merit, yang merupakan urutan penghargaan budaya kelas 5 pada 2018.

Berdasarkan peraturan, pria dewasa Korea harus mendaftar wajib militer pada usia maksimal 28. Pendaftaran militer BTS telah menjadi topik diskusi hangat di kalangan netizen dan masyarakat umum Korea Selatan dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut laporan dari All K-pop, Rabu (25/11/2021) perwakilan dari Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan menyatakan bahwa definisi yang lebih inklusif dari istilah personel seni dan olahraga memerlukan tinjauan lebih lanjut mengenai berbagai aspek sosial dan konsensus publik.

Akibatnya, majelis nasional Korea gagal mencapai konsensus tentang perluasan tindakan pengecualian militer untuk memasukkan seniman budaya populer.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi