BTS Tetap akan Jalani Wajib Militer, Begini Penjelasan Menteri Pertahanan Korea Selatan

Lisvi Padlilah
Senin 01 Agustus 2022 14:20 WIB
BTS Tetap akan Jalani Wajib Militer, Begini Penjelasan Menteri Pertahanan Korea Selatan
BTS tidak dispesialkan soal wamil. (Foto: celebrities.id/Instagram)

SEOUL, celebrities.id - Menteri Pertahanan Korea Selatan, Lee Jong sup memberikan pernyataan bahwa pihaknya tidak memberikan perlakukan khusus terhadap BTS.

Pernyataan tersebut disampaikan Lee Jong Sup dihadpan Majelis Nasional ketika ditanya tentang perlakukan khusus terhadap grup di bawah naungan HYBE itu.

"Setelah kami pertimbangkan, Kementerian Pertahanan Nasional menyimpulkan bahwa departemen kami akan membantu mereka latihan dan melakukan penampilan untuk kepentingan nasional tanpa melanggar prinsip keadilan dan kesetaraan," kata Lee Jong Sup dikutip dari Allkpop, Senin (1/8/2022).

Pernyataan tersebut dapat diinterpretasikan bahwa Kementerian Pertahanan akan tetap berusaha membantu BTS untuk melakukan performa demi bangsa. Akan tetapi, hal itu tidak berarti BTS bisa bebas dari kewajiban wajib militer (wamil) sebagaimana selama ini dirumorkan.

Pasalnya, di Korea Selatan ada ketentuan bahwa atlet nasional yang memenang medali emas di ajang Olimpiade atau Asian Games dibebaskan dari wamil. Kebijakan itu diperdebatkan netizen Korea (Knetz) apakah grup Idol yang memiliki popularitas global dan membantu baik secara langsung dan tidak terhadap ekonomi maupun aspek diplomasi seperti BTS juga akan mendapatkan pengecualian itu (wamil).

Jika benar BTS tetap harus mengikuti wamil, maka Jin sebagai member tertua BTS harus mendaftar wamil akhir tahun ini. Hal ini merujuk pada Undang-undang Dinas Milter yang diamandemen pada Juni tahun lalu yang menyebut bahwa BTS secara hukum dapat menunda wamil sampai umur mereka 30 tahun.

Pernyataan itu direspon beragam oleh Knetz. Tak sedikit yang merasa lega karena BTS bisa lepas dari tuduhan dianak emaskan jika mereka benar-benar harus pergi wamil.

"Itu bagus, setidaknya dengan mendaftar wamil, mereka bisa menghentikan ujaran kebencian," tulis netizen.

Editor : Lisvi Padlilah