Bukan di Jakarta, Ribuan Kendaraan Listrik Lebih Dahulu Lalu-lalang Setiap Hari di Papua

Icon CameraIqbal Dwi Purnama
Selasa 24 Januari 2023 09:53 WIB
Bukan di Jakarta, Ribuan Kendaraan Listrik Lebih Dahulu Lalu-lalang Setiap Hari di Papua
Plat motor listrik di Papua. (Foto: celebrities.id/Iqbal Dwi Purnama)

ASMAT, celebrities.id - Publik mungkin sedikit terkejut mengetahui masyarakat Kota Asmat, Provinsi Papua Selatan, telah menggunakan kendaraan listrik untuk transportasinya sehari-hari. 

Hal itu diungkapkan akademisi Prodi T Sipil Unika Soegijapranata, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno. Dia mengatakan saat ini terdapat kota yang dalam mobilitas keseharianya menggunakan kendaraan listrik. 

Rupanya, yang dimaksud Djoko adalah Kota Agats Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Rupanya, pemilihan kendaraan listrik untuk mobilitas warga bukan tanpa alasan. Hal ini lantaran akses terhadap Bahan bakar minyak (BBM) cukup sulit. Sehingga, membuat masyarakat harus merakit sendiri kendaraan listriknya.

Djoko mengungkapkan, pada 2018, setidaknya ada 1.280 motor listrik yang berlalu-lalang dan digunakan oleh penduduk Agats. 

"Jarang atau bahkan hampir tidak ada penduduk yang menggunakan kendaraan dengan bahan bakar bensin," kata Djoko dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (24/1/2023).

Menurutnya, motor dengan BBM biasanya hanya digunakan oleh pihak kepolisian, sedangkan kendaraan berupa mobil hanya dipakai oleh rumah sakit dalam bentuk ambulans atau mobil pemerintah.

Data Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat, hingga November 2018 tercatat 3.154 kendaraan listrik. Terbanyak sepeda motor listrik 3.067 unit. Terdapat 22 pangkalan ojek listrik. Ojek yang beroperasi di Kota Agats menggunakan plat kendaraan berwarna kuning.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2