Bukan Mba Rara, Luhut Sebut TMC Sukses Kendalikan Cuaca saat KTT G20 di Bali

Icon CameraHeri Purnomo
Jumat 25 November 2022 08:58 WIB
Bukan Mba Rara, Luhut Sebut TMC Sukses Kendalikan Cuaca saat KTT G20 di Bali
Tim TMC yang sukses rekaya cuaca di KTT G20. (Foto: celebrities.id/Instgaram @wishnutama)


 JAKARTA, celebrities.id - KTT G20 sukses digelar di Bali. Salah satu yang sempat menjadi kekhawatiran adalah musim hujan. 

Bukan tanpa sebab, pasalnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada September lalu memprakirakan puncak musim penghujan datang lebih awal, yakni sekitar November. 

Oleh sebab itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang sekaligus Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 menceritakan  kekhawatirannya dengan potensi cuaca ekstrem beberapa hari menjelang pelaksanaan KTT G20 di Nusa Dua Bali.

Terbukti, saat dirinya mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau lokasi Gala Dinner Kepala Negara anggota dan tamu undangan KTT G20 di pelataran Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, hujan mendadak turun begitu lebat. 

Sembari berteduh dan mendengarkan paparan dari koordinator acara khusus event Gala Dinner G20, Wishnutama Kusubandio. Luhut memperhatikan wajah Presiden Jokowi yang termenung melihat cuaca hari itu. 

"Tampaknya apa yang beliau pikirkan saat itu sama dengan yang saya pikirkan, kami ingin acaranya nanti berlangsung meriah dan semarak. Namun bagaimana jika hujan deras seperti ini malah turun di area GWK Cultural Park tanggal 15 November malam ketika acara berlangsung? " tulis Luhut melalui postingan instagram @luhut.pandjaitan dikutip Jumat (25/11/2022). 

Setelah mendampingi kunjungan Presiden, Luhut kemudian  mengadakan rapat bersama tim khusus yang terdiri dari BMKG, BRIN, TNI AU, Kementerian PUPR, dan Dr. Tri Handoko Seto, Pakar Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk memastikan agar pada 15 November malam tidak ada hujan turun di GWK Cultural Park.

Selain tugas tersebut, Luhut mengatakan tugas lain yang tak kalah penting, yakni mengkondisikan cuaca agar tidak turun hujan ketika para kepala negara anggota G20 berjalan ke arah Bamboo Dome, yang terletak di outdoor area The Apurva Kempinski. Adapun pada Gala Dinner KTT G20 cuaca berlangsung cerah. 

 

1
/
2