Bunda, Ini Pentingnya 9AAE di Fase 1.000 Hari Awal Kehidupan Pertumbuhan Anak

Novie Fauziah
Jumat 16 April 2021 09:06 WIB
Pentingnya 9AAE di Fase 1.000 Hari Awal Kehidupan Pertumbuhan Anak. (Foto: celebrities.id/boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Otak anak mengalami perkembangan paling cepat, khususnya pada fase 1000 hari awal kehidupannya. Asupan nutrisi yang baik, berkualitas serta seimbang memengaruhi dalam tumbuh kembangnya.

Salah satu asupan penting yang dibutuhkan anak pada masa awal pertumbuhannya, yaitu protein hewani dengan kandungan 9 asam amino esensial (9AAE). Hal ini berperan penting mendukung pertumbuhan linier, dan perkembangan otak untuk modal kesehatan anak di masa depan.

"Kandungan 9AAE berperan besar dalam membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak, termasuk dalam kondisi malnutrisi," kata Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak, Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), dalam Media Scientific Session bersama Frisian Flag Indonesia secara virtual, Kamis (15/4/21).

Lebih lanjut, kata dr. Damayanti, apabila pada masa emas pertumbuhannya seorang anak kurang mendapatkan asupan 9AAE, makan dikhawatirkan dalam pembentukan otaknya tidak bisa maksimal. Hal ini juga bisa memengaruhi perkembangan lainnya, seperti stunting.

Stunting merupakan salah satu penyakit paling ditakuti di seluruh dunia, karena dapat merusak generasi suatu bangsa. Pertumbuhan anak akan terhambat, seperti menjadi pendek dan dalam daya tangkapnya pun menjadi kurang maksimal.

Selain itu anak dengan kondisi stunting dapat mengalami gangguan fungsi kognitif, dan penurunan sistem imun serta obesitas dan hipertensi saat dewasa. 

"Anak dengan kondisi stunting akan memiliki ketertinggalan dari anak-anak lain dan sulit untuk ditanggulangi, sehingga harus dicegah sedini mungkin," pungkasnya.

Editor : Endang Oktaviyanti