Cacar Monyet Sudah Ada Sejak Era 50an, Begini Gejala dan Cara Mengatasi

Kevi Laras
Kamis 18 Agustus 2022 08:18 WIB
Cacar Monyet Sudah Ada Sejak Era 50an, Begini Gejala dan Cara Mengatasi
Penyakit cacar monyet sudah ada sejak era 50an. (Ilustrasi: Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Penyakit cacar monyet atau lebih dikenal dengan monkeypox ini sedang melanda hampir di seluruh negara. Lantas, seperti apakah cacar monyet hingga gejala dan cara mengatasinya?

Wabah monkeypox atau cacar monyet menjadi salah satu penyakit yang serius dialami masyarakat di dunia. Melansir situs Kementerian Kesehatan, Kamis (18/8/2022) cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan infeksi virus monkeypox.

Virus cacar monyet ini termasuk dalam genus Orthopoxvirus. Ini sebenarnya bukan virus baru. Pada akhir era ‘50-an, tepatnya di tahun 1958, ditemukan wabah penyakit mirip cacar menyerang koloni monyet yang dipelihara untuk penelitian. Hal itu menyebabkan penyakit ini disebut cacar monyet atau monkeypox. 

Kasus cacar monyet pertama yang menginfeksi manusia tercatat pada tahun 1970. Kejadian ini terjadi di Republik Demokratik Kongo. Sejak saat itu, kasus cacar monyet dilaporkan telah menginfeksi masyarakat di beberapa negara Afrika Tengah dan Barat lainnya seperti Kamerun, Republik Afrika Tengah, Pantai Gading, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, dan Sierra Leone.

Penyebab penyakit cacar monyet

Seperti disebutkan tadi, cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan virus monkeypox. Virus tersebut bisa menular ke manusia melalui kontak fisik dengan hewan terinfeksi. Biasanya, virus tersebut datang dari hewan pengerat dan primata.

Cacar monyet adalah penyakit yang bisa menular dari manusia ke manusia. Virus tersebut menyebar dari orang ke orang melalui kontak erat dengan seseorang yang memiliki ruam monkeypox.

Penularan virus tersebut dapat melalui kontak tatap muka, kulit ke kulit, mulut ke mulut atau mulut ke kulit, termasuk kontak seksual. Selain itu, lingkungan juga dapat terkontaminasi virus monkeypox.

 

1
/
2