California Umumkan Darurat Cacar Monyet, Temukan 827 Kasus Terkonfirmasi

Kevi Laras
Selasa 02 Agustus 2022 15:14 WIB
California Umumkan Darurat Cacar Monyet, Temukan 827 Kasus Terkonfirmasi
California mengumumkan darurat cacar monyet. (Foto: celebrities.id/freepik)

JAKARTA, celebrities.id - California mengumumkan darurat untuk monkeypox atau cacar monyet. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur California Gavin dilansir dari CNA. 

Hal itu bertujuan memperkuat upaya vaksinasi untuk memperlambat penyebaran wabah, yang menginfeksi lebih dari 5.800 orang Amerika. Sejauh ini, California mengonfirmasi 827 kasus cacar monyet

Dimana juga termasuk negara bagian terbesar kedua, atas 1.390 terinfeksi yang didokumentasikan di New York, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Kasus cacar monyet pertama di Amerika Serikat, dikonfirmasi di Massachusetts pada 20 Mei. Sebagaimana juga kasus pertama di California, dari seseorang yang pernah bepergian ke luar negeri, dikonfirmasi lima hari kemudian.

Sementara itu, Gubernur New York Kathy Hochul mengumumkan keadaan darurat cacar monyet pada minggu lalu. Sebab di negara bagiannya, menyumbang satu dari empat kasus AS yang dilaporkan hingga saat ini.

Sehubungan dengan cacar monyet, perlu dipahami itu menyebar melalui kontak fisik yang dekat. Cenderung menimbulkan gejala seperti flu dan lesi kulit berisi nanah, meskipun jarang berakibat fatal.

Sekadar informasi, salah atau negara yang baru saja melaporkan kematian akibat cacar monyet yaitu Spanyol. 

Melansir The Guardian pada Selasa (2/8/2022), dalam laporan kementerian kesehatan Spanyol, mengatakan 4.298 kasus telah dikonfirmasi di negara itu. Dari 3.750 pasien mendapat informasi, 120 atau 3,2 persen telah dirawat di rumah sakit, dan dua meninggal.

Editor : Tia Ayunita