Camilan untuk Bayi Usia 6 Bulan, Mulai dari Aneka Buah hingga Keju

Icon CameraDevi Ari Rahmadhani
Minggu 20 November 2022 21:57 WIB
Camilan untuk Bayi Usia 6 Bulan, Mulai dari Aneka Buah hingga Keju
Camilan untuk Bayi Usia Enam Bulan. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ada beragam camilan untuk bayi berusia enam bulan. Mulai dari buah-buahan, sayur, hingga keju.

Semua camilan tersebut memiliki banyak vitamin yang mampu memenuhi gizi si Bayi. Sebab, ketika sudah menginjak usia enam bulan, asupan yang dibutuhkan bayi bukan hanya ASI. Ia butuh makanan pendamping agar gizinya terpenuhi.

Akan tetapi, usia bayi yang masih terlalu muda kadang membuat orangtua bingung memilih camilan yang cocok untuk anaknya. Melansir dari berbagai sumber, Minggu (20/11/2022) berikut ini 10 macam camilan yang cocok untuk bayi usia enam bulan.

Camilan untuk Bayi Usia Enam Bulan

1. Talas atau ubi ungu

Talas dan ubi ungu merupakan buah yang kaya serat. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin. Mulai dari vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga vitamin C dan vitamin B6 yang mampu meningkatkan kesehatan otak dan sistem saraf.

Cara membuat camilan bayi dari talas dan ubi ungu yakni dengan dibuat menjadi puree. Pertama-tama, cuci bersih ubi ungu atau talas, lalu potong menjadi beberapa bagian dan kukus hingga matang. Selanjutnya, masukkan ubi dan asi atau susu formula yang sudah diseduh ke dalam blender untuk dihaluskan menjadi bubur.

2. Kentang

Kentang sebagai salah satu sumber karbohidrat juga bisa dijadikan camilan untuk bayi. Sama seperti talas dan ubi, kentang juga mengandung vitamin B6 dan  vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh seta meningkatkan kesehatan otak dan saraf.

Untuk membuat camilan kentang, para orangtua hanya perlu mengolah kentang menjadi mashed potato.

3. Biskuit

Ketika sedang sibuk, para orangtua dapat memberikan camilan pada bayi berusia enam bulan berupa biskuit yang dijual dipasaran.

Pilihlah biskuit yang ukurannya kecil dan lunak sehingga dapat anak nikmati. Selain itu, perhatikan pula gizi yang terkandung dalam biskuit tersebut. Pilih biskuit yang mengandjng vitamin, protein, mineral, serta karbohidrat untuk bayi.

4. Keju

Keju mengandung kalsium, protein, dan vitamin yang sangat baik untuk bayi. Jadi, tidak ada salahnya memberi keju sebagai camilan untuk sang buah hati.

Pilihlah keju yang aman untuk anak seperti  keju cheddar dan cottage. Namun, perlu diperhatikan, dalam pemilihan keju para  orangtua perlu memperhatikan susu ya g digunakan dalam pembuatan keju. Pilihlah keju yang terbuat dari susu yang di dipasteurisasi atau susu matang untuk menghindari risiko terkena listeria monocytogenes.

 

1
/
3