Canggih! Honda Punya Fitur Pemantau Marka Jalan, Permudah Petugas dalam Perbaikan Infrastruktur Lalu Lintas

Bertold Ananda
Kamis 16 Desember 2021 17:38 WIB
Canggih! Honda Punya Fitur Pemantau Marka Jalan, Permudah Petugas dalam Perbaikan Infrastruktur Lalu Lintas
Road condition monitoring system atau fitur pemantau marka jalan raya kini tengah dikembangkan oleh Honda. (Foto: Carscoop)

JAKARTA, celebrities.id - Pabrikan asal Jepang, Honda telah merancang sistem teknologi terbaru lewat fitur bantuan pengemudi memantau marka jalan. Hal itu terinspirasi dari mobil modern yang dilengkapi dengan berbagai macam kamera dan sensor. 

Melihat itu Honda ingin menggunakannya untuk lebih dari sekadar sistem bantuan pengemudi.

Dilansir Carscoops, Kamis (16/12/2021), dalam kemitraan dengan Departemen Transportasi Ohio, Honda Research Institute akan melakukan program percontohan yang bertujuan untuk membantu pihak berwenang dalam memelihara jalan raya dengan cara yang lebih efisien, hemat biaya, dan tepat waktu.

Untuk melakukan ini, Honda telah mengembangkan “sistem pemantauan kondisi jalan” baru dengan menggunakan kamera kendaraan untuk mengidentifikasi kondisi marka lajur. Marka lajur dalam kondisi baik diberi status kode berwarna hijau, sedangkan marka lajur yang dapat diterima diberi kode warna kuning. 

Marka lajur yang perlu diperbaiki akan diinfokan dengan kode warna merah, sedangkan tempat yang tidak memiliki marka lajur diberi kode warna abu-abu.

Seluruh informasi yang terkumpul ini serta koordinat GPS dan gambar atau video yang relevan kemudian dianonimkan dan dikirim ke pihak berwenang yang bertanggung jawab untuk memelihara jalan.

 

1
/
2