Captikus hingga Cakalang Fufu Masuk 10 Kekayaan Intelektual Komunal Baru Sulawesi Utara

Subhan Sabu
Sabtu 14 Mei 2022 14:47 WIB
Captikus hingga Cakalang Fufu Masuk 10 Kekayaan Intelektual Komunal Baru Sulawesi Utara
Captikus hingga Cakalang Fufu Masuk 10 Kekayaan Intelektual Komunal Baru Sulawesi Utara. (Foto: Instagram @chatwiser)

MANADO, celebrities.id - Sulawesi Utara menerima 10 surat pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK). Di antara 10 kekayaan budaya itu, Kolintang, Captikus, dan Cakalang Fufu termasuk di dalamnya.

“Terima kasih Sulawesi Utara sudah menjadi 10 besar daerah yang mencatatkan hak kekayaan intelektual. Semoga pencapaian kita ini akan meningkat lagi di tahun-tahun berikutnya,” ujar Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw, Sabtu (14/5/2022).

Surat yang dicatatkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) KementerianvHukum dan HAM tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward O.S Hiariej ketika berkunjung ke Manado.

Adapun surat pencatatan KIK lainnya juga diberikan untuk Ekspresi Budaya Tradisional Rumambak, Tarik Mahambak, Tari Kabasaran, Tari Maengket, dan Rumages. Selain itu, pengetahuan tradisional Dodol Amurang dan Tinutuan juga mendapatkan pencatatan sebagai KIK Sulut.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Haris Sukamto, menyatakan terdapat peningkatan kesadaran tentang pelindungan kekayaan intelektual di Sulut. Hal itu terlihat dari naiknya jumlah permohonan pelindungan KI dari 2021 ke 2022.

“Kalau di tahun 2021, permohonan hak cipta hanya 68, merek 21 pemohon desain industri 1 permohonan, indikasi geografis 1 pemohon, dan paten 1. Tapi 2022 terjadi pencatatan hak cipta sampai 403,” kata Haris.

 

1
/
2