Cara Antisipasi Terkena Cacar Monyet, Simak Penjelasannya

Litbang MPI
Kamis 04 Agustus 2022 23:34 WIB
Cara Antisipasi Terkena Cacar Monyet, Simak Penjelasannya
Cara Antisipasi Terkena Cacar Monyet. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Masyarakat perlu mengetahui cara antisipasi terkena cacar monyet. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa cacar monyet ditetapkan sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Penyakit ini bukanlah jenis penyakit baru. Dilansir dari laman resmi Kemenkes Kamis (4/8/2022), cacar monyet ditemukan pertama kali pada tahun 1958. Kemudian pada tahun 1970, kasus cacar monyet tercatat untuk pertama kalinya menginfeksi manusia di Republik Demokrasi Kongo. Setelah kasus di Kongo, cacar monyet menyebar ke negara Afrika Tengah dan Barat.

Cara Antisipasi Terkena Cacar Monyet

1. Penularan

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Penyakit ini dapat menular melalui sentuhan dengan hewan, orang, maupun bahan yang terinfeksi virus. Virus ini dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi.

Sedangkan untuk penyebaran dari manusia ke manusia dapat dilakukan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh.

2. Gejala

Gejala cacar monyet memiliki kemiripan gejala dengan cacar air. Bedanya, cacar monyet menyebabkan adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Adapun gejala lain meliputi:

  • Sakit kepala
  • Demam
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Nyeri otot
  • Sakit punggung
  • Lemas
  • Lesi cacar (benjolan berisi air atau nanah pada seluruh tubuh)

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, penyakit ini berlangsung selama dua sampai empat minggu. Melihat dari kasus terdahulu yang terjadi di Afrika, penyakit ini menyebabkan kematian pada satu dari 10 orang yang terinfeksi.

 

1
/
2