Cara Backup iPhone dengan Mudah, Bisa Gunakan 2 Cara Ini

Bertold Ananda
Jumat 13 Mei 2022 16:46 WIB
Cara Backup iPhone dengan Mudah, Bisa Gunakan 2 Cara Ini
Cara backup iPhone dengan mudah ternyata bisa menggunakan dua cara saja. (celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Cara backup iPhone dengan mudah ternyata bisa menggunakan dua cara saja. Backup iPhone dibutuhkan ketika pengguna ingin melakukan factory reset atau mengatur ulang ke setelan pabrik. 

Dengan backup iPhone maka pengguna tidak akan kehilangan data pribadi seperti foto, kontak, pesan, dan lainnya. Cara backup iPhone sendiri bisa dilakukan dengan iTunes dan iCloud.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022) cara backup iPhone dengan mudah dan cepat. 

Cara Backup iPhone dengan Mudah

1. Cara backup iPhone menggunakan iCloud

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mencadangkan lewat perangkat iCloud. Berikut simak caranya.

  • Buka Pengaturan  > [nama Anda] > iCloud > Cadangan iCloud.
  • Kamu dapat menyalakan Cadangan iCloud pada iPhone kamu.
  • Selanjutnya iCloud secara otomatis mencadangkan iPhone Anda setiap hari saat iPhone terhubung ke daya, terkunci, dan terhubung ke wifi.
  • Apabila ingin melakukan pencadangan lewat jaringan seluler maka kamu bisa akses pengaturan > [nama Anda] > iCloud > Cadangan iCloud, lalu nyalakan atau matikan Pencadangan Melalui Seluler.
  • Bagi kamu yang ingin melihat cadangan (Backup data) pada iCloud, maka kamu bisa lakukan cara berikut. Buka Pengaturan > [nama Anda] > iCloud > Kelola Penyimpanan > Cadangan. Untuk menghapus cadangan, pilih cadangan dari daftar, lalu ketuk Hapus Cadangan.

2. Cara Backup iPhone menggunakan iTunes 

Cara kedua yang dapat kamu lakukan dalam backup iPhone adalah dengan menggunakan iTunes yang kamu punya. Namun dalam implementasikannya terdapat cara yang perlu kamu ketahui sebagai berikut.

  • Kamu dapat sambungkan perangkat  iPhone ke komputer yang akan kamu gunakan untuk membackup data 
  • Selanjutnya kamu bisa buka iTunes untuk membackup seluruh data kamu. Alangkah baiknya iTunes kamu diharapkan untuk selalu update dengan versi terbaru. Hal itu akan memudahkan dalam mencadangkan data. 
  • Kemudian kamu bisa Klik ‘File’, lalu pilih ‘Perangkat’, lalu kamu bisa klik ‘Pulihkan dari Cadangan’
  • Klik menu back up data  sesuai dengan tanggal dan waktu kapan kamu terakhir kamu melakukan backup
  • Terakhir kamu bisa akses dan klik menu ‘Pulihkan’ atau ‘Restore’. Kemudian tunggu sampai pemulihan berhasil dan pastikan smartphone iPhone masih terhubung ke komputer hingga pemulihan selesai.

Editor : Oktiani Endarwati