Cara Belajar Bahasa Asing yang Efektif ala Zahid Azmi Ibrahim

MNC Media
Jumat 04 Juni 2021 08:41 WIB
Tips belajar bahasa asing yang Efektif ala Zahid Azmi Ibrahim. (Foto: celebrities.id)

JAKARTA, celebrities.id - Bagi sebagian orang, belajar bahasa asing merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Hal ini dapat terjadi karena belum menemukan metode yang cocok dalam mempelajari bahasa asing.

Kali ini konten kreator edukasi Zahid Azmi Ibrahim menjelaskan caranya belajar bahasa asing sendirian atau tanpa lawan bicara yang efektif. Zahid mengungkapkan bahwa dia menyadari bahwa berbicara bahasa asing seperti Bahasa Inggris merupakan sesuatu yang menantang untuk kita semua. 

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa latihan bicara dengan native speaker atau dengan orang yang fasih dalam Bahasa Inggris akan membuat kita lebih pandai dalam bahasa tersebut. Zahid pun setuju dengan anggapan tersebut, namun dia menyadari bahwa hal tersebut tidak dapat dilakukan dengan mudah. 

Sebelum langsung latihan berbicara dengan native speaker, Zahid pun menyarankan untuk melatih dan belajar bahasa asing dengan diri sendiri terlebih dahulu. Dia memberi beberapa tips seperti berbicara bahasa asing dengan keras, merekam diri sendiri, menggunakan aplikasi belajar bahasa, dan shadowing.

Shadowing adalah percobaan untuk mengikuti atau meniru cara berbicara native speaker seperti logat, intonasi, pelafalan, penekanan, dan lainnya. 

“Dulu aku belum ketemu cara ini waktu pertama belajar Bahasa Inggris jadi sekarang aku mencoba menerapkannya dalam belajar Bahasa Korea, biasanya aku lakukan ini sambil membuka drakor (drama Korea),” ujar Zahid.

 

1
/
2