Ini Cara Buang Minyak Goreng Jelantah yang Benar, Jangan Sembarangan Ya!

Bertold Ananda
Jumat 24 Juni 2022 16:44 WIB
Ini Cara Buang Minyak Goreng Jelantah yang Benar, Jangan Sembarangan Ya!
Ada cara membuang minyak goreng jelantah yang benar agar tidak merusak lingkungan. (Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Masih banyak orang yang belum tahu cara buang minyak goreng jelantah yang benar. Padahal cara ini perlu diketahui dan dipahami seluruh masyarakat demi menjaga lingkungan sekitar.

Minyak jelantah merupakan minyak bekas yang tidak sehat karena sudah digunakan untuk menggoreng berkali-kali. Oleh karena itu, ada baiknya minyak goreng jelantah diganti dan menggunakan minyak goreng yang baru.

Membuang minyak goreng jelantah secara sembarang akan menyumbat saluran air atau drainase yang berpotensi menjadi tempat tumbuh kembang bakteri. Untuk itu, perlu penanganan yang tepat dalam membuang minyak goreng jelantah.

Pada ulasan berikut ini celebrities.id akan merangkum dari beberapa sumber, Jumat (24/6/2022) terkait cara membuang minyak goreng jelantah yang benar.

Cara Buang Minyak Goreng Jelantah yang Benar

1. Taruh di wadah dan tutup serapat mungkin

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk membuang minyak jelantah yang benar dengan cara ditaruh dalam wadah dan tutup serapat mungkin. Hal ini dilakukan untuk mencegah kebocoran atau minyak tumpah saat membuangnya. 

Kamu bisa gunakan botol bekas yang kondisi bagus dan tidak bocor. Cara satu ini tidak hanya mencegah pencemaran lingkungan akan tetapi juga mempermudah petugas pembersihan saat mengambil sampah.

2. Bekukan minyak dan buang ke tempat sampah

Cara kedua membuang minyak jelantah yang benar yaitu dengan membekukannya dan buang ke tempat sampah. Dalam praktiknya, cara satu ini cukup mudah yaitu kamu bisa gunakan kaleng bekas untuk menuangkan minyak jelantah tersebut, setelah itu kamu tutup rapat dan masukan ke dalam freezer sampai mengeras.

Jika ditemui minyak dalam kaleng sudah keras, maka langkah selanjutnya kamu dapat membuangnya ke tempat sampah.

 

1
/
2