5 Cara Cek Pajak Kendaraan DKI Jakarta, Ikuti Petunjuknya

Icon CameraLaras Dwi Sasmita
Sabtu 13 Agustus 2022 16:47 WIB
5 Cara Cek Pajak Kendaraan DKI Jakarta, Ikuti Petunjuknya
Cara cek pajak kendaraan DKI Jakarta bisa pakai aplikasi JAKI. (Foto: Aplikasi JAKI)

JAKARTA, celebrities.id - Cara cek kendaraan DKI Jakarta yang terus berkembang wajib diketahui masyarakat. Pasalnya, saat ini ada fitur cek pajak kendaraan online yang bisa menjadi pilihan praktis untuk dilakukan di rumah. 

Mengecek pajak kendaraan sejatinya bisa kamu lihat dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Akan tetapi, besaran dan rinciannya seringkali berbeda sehingga membuat beberapa pengendara bingung.

Nah untuk mengetahui besaran tarif pajak yang harus dibayarkan, Anda dapat melakukan cek pajak kendaraan online cukup dari ponsel. Selain lewat website resmi, DKI Jakarta juga telah membuat aplikasi khusus untuk cek pajak kendaraan yang bisa dilakukan di rumah, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu lagi harus mengantre di kantor Samsat.

Melansir berbagai sumber, berikut lima cara cek pajak kendaraan DKI Jakarta

Cara Cek Pajak Kendaraan DKI Jakarta

1. Cek lewat website e-samsat.id 

- Buka link https://e-samsat.id 
- Isi formulir yang berada pada halaman tersebut (Plat, Nomor, Seri, No rangka dan Provinsi) 
- Klik “Cek Sekarang” 
- Setelah itu akan muncul info dan besaran nominal yang harus Anda bayar. 
- Terdapat juga info kendaraan seperti; Merk, model, tahun, warna, nomor rangka dan nomor mesin. 
- Info pajak kendaraan dan PNBP dengan rincian; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan total yang harus dibayarkan dilengkapi dengan tanggal pajak dan tanggal STNK serta keterangan lainnya. 

 

2. Pakai website samsat-pkb2.jakarta.go.id 

- Buka link http://samsat-pkb.jakarta.go.id 
- Isi formulir yang berada pada halaman tersebut (Nomor Polisi, Warna TNKB) Masukan NIK pemilik kendaraan (opsional) - Klik “I’m not a robot” atau "Saya bukan robot" di bagian bawahnya Lalu klik “Cari” - Tunggu akan muncul info dan besaran nominal yang harus Anda bayar. Tersaji juga info kendaraan seperti; Merk, model, tahun, warna, No. rangka dan No. mesin. - Info pajak kendaraan dan PNBP dengan rincian; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan total yang harus dibayarkan dilengkapi dengan tanggal pajak dan tanggal STNK serta keterangan lainnya. 

3. Aplikasi JAKI 

Tak hanya itu, cek pajak kendaraan online di DKI Jakarta juga dapat dilakukan melalui aplikasi JAKI Jakarta Kini). Fitur ini hadir untuk mempermudah masyarakat yang ingin mengetahui secara rinci besaran pajak kendaraan yang harus dibayar setiap tahunnya.

Berikut langkah-langkahnya: 

- Unduh aplikasi JAKI di App Store atau Google Play Store. 
-Lakukan pendaftaran untuk memperoleh akun profil di JAKI dengan email. 
-Setelah terdaftar, lakukan login di aplikasi JAKI 
- Pilih menu “Jakpenda” 
- Pilih menu “Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)” 
- Masukkan nomor polisi kendaraan Anda - Klik “Cek Pajak” Kemudian akan muncul informasi detail tentang kendaraan, riwayat PKB pokok terakhir, rincian pajak, hingga total tagihan pajak kendaraan bermotor yang harus Anda bayar. 

 

4. Aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta S

Sama halnya dengan aplikasi JAKI, ini juga tersedia secara gratis di Google Play Store. Langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut:

- Unduh aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta. 
-Buka aplikasi tersebut dan login dengan akun email Google. 
- Masukkan nomor polisi kendaraan Anda - Klik “Cari” Aplikasi akan menampilkan informasi detail tentang kendaraan, riwayat PKB pokok terakhir, dan rincian pajaknya.   

5. Lewat SMS 

Selain melalui website dan aplikasi, cara cek pajak kendaraan dan mendapatkan kode bayar juga dapat dilakukan melalui SMS. Cek pajak kendaraan melalui SMS Gateway untuk saat ini hanya bisa dilakukan untuk kendaraan dengan kode plat B, D, E, F, T dan Z. 

Berikut langkah-langkahnya: 

-Kirim pesan dengan format info (spasi) kode plat kendaraan /nomor polisi/kode seri plat kendaraan (spasi) warna plat kendaraan. 

Contoh: Info B/8655/HI Merah 
Kirim ke nomor 0811 2119 211 

- Tunggu balasan SMS yang isinya merupakan kode bayar, info kendaraan serta besaran nominal yang harus dibayar. -Pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan melalui transfer rekening dengan memasukan kode bayar tersebut.
 

Editor : Hadits Abdillah