Cara Makan ala Rasulullah Bisa Hindarkan Manusia dari Penyakit, Begini Penjelasan Ustadz Ainul Yaqin

Novie Fauziah
Selasa 25 Januari 2022 23:55 WIB
Cara Makan ala Rasulullah Bisa Hindarkan Manusia dari Penyakit, Begini Penjelasan Ustadz Ainul Yaqin
Makan mencontoh Rasululllah bisa menghindarkan kita dari penyekit. (Foto: celebrities.id/okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Makanan bisa jadi sumber penyakit jika tak diolah dengan benar. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW pun mengajarkan kepada umat Muslim untuk hati-hati dalam mengonsumsi makanan.

Bukan hanya jenis makanannya yang harus dijaga, tetapi juga bagaimana cara kita memakannya. "Nabi Muhammad SAW pun sangat hati-hati memakan sesuatu. Beliau juga mengatur pola makannya, supaya terhindar dari penyakit," ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal belum lama ini.

Allah SWT bersabda:

ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูƒูู…ู’ ูููŠ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูุณู’ูˆูŽุฉูŒ ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŒ ู„ูู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฑู’ุฌููˆ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽ ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุง

Artinya: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."(QS.Al-Ahzab:21).

Ayat di atas berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Rasulullah yang patut menjadi panutan atau suri tauladan, termasuk dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Nabi selalu makan secukupnya, tidak pernah berlebihan atau serakah.

"Jika seseorang kebanyakan makan, maka memicu sifat malas dan cenderung banyak tidur sehingga banyak waktu terbuang percuma, energi tidak tersalurkan dengan baik, bahkan menjadikan lemak yang menumpuk yang rentan bersarang penyakit," ujarnya.

ย 

1
/
2