Cara Makan Beras Merah untuk Diet dan Aturan Mengonsumsinya

Icon CameraLaras Dwi Sasmita
Minggu 20 November 2022 17:44 WIB
Cara Makan Beras Merah untuk Diet dan Aturan Mengonsumsinya
Cara makan beras merah untuk diet dan tata cara mengonsumsinya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Cara makan beras merah untuk diet perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya, jika salah dalam mengolah beras merah, maka akan membuat teksturnya tidak nikmat untuk disantap. 

Melansir dari berbagai sumber, Minggu (20/11/2022), simak berikut ulasannya.

Cara memasak beras merah dengan benar 

1. Cuci beras merah 2-3 kali

Mencuci beras merah tak perlu belama-lama. Hal ini dilakukan agar vitamin yang terkandung dalam beras merah tidak ikut larut bersama dengan air.

2. Gunakan air lebih banyak

Ketika akan memasak beras merah gunakan air lebih banyak dengan takaran perbandingan 3:1 yang artinya 3 gelas takar air untuk 1 gelas takar beras. Cara memasak beras merah ini bertujuan agar tekstur nasi yang dihasilkan pulen dan tidak keras. 

3. Campur bersama beras putih

Bagi yang baru pertama kali mengonsumsi nasi merah, maka ketika memasaknya bisa mencampurnya dengan beras putih. Tekstur dari beras merah akan tetap pulen dan tidak keras.

4. Tambahkan garam

Karena kandungan dedak yang cukup banyak membuat beras merah normalnya terasa hambar dan tidak terasa seenak nasi putih. 

Maka dari itu Anda bisa menambahkan setengah sendok garam ke dalam beras merah yang akan dimasak supaya rasanya menjadi lebih gurih. 

Aturan makan beras merah untuk diet 

Memiliki kalori yang lebih rendah, tetapi kaya akan serat dan vitamin adalah alasan beras merah baik untuk menurunkan berat badan. 

 

1
/
2