5 Cara Melakukan Latihan Olah Vokal untuk Bernyanyi, Bisa Hasilkan Suara Bagus

Icon CameraBertold Ananda
Rabu 25 Januari 2023 12:17 WIB
5 Cara Melakukan Latihan Olah Vokal untuk Bernyanyi, Bisa Hasilkan Suara Bagus
Cara melakukan latihan olah vokal harus dilakukan secara rutin. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Cara melakukan latihan olah vokal agar menghasilkan suara bagus saat bernyanyi harus dilakukan secara rutin.

Vokal merupakan kunci dari suatu suara. Penguasaan olah vokal memerlukan latihan berulang-ulang agar terbiasa. 

Seorang penyanyi harus mampu menguasai teknik dasar dan penyampaian vokal yang baik agar suara yang keluar terdengar jelas, merdu dan nyaring. Adapun unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam bernyanyi mencakup sikap tubuh yang baik, cara bernapas, artikulasi, resonansi, vibrato dan improvisasi.

Latihan olah vokal yang baik juga dapat membantu kamu dalam mengembangkan kemampuan dalam bernyanyi menjadi lebih baik lagi.

Berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber pada Rabu (25/1/2023) terkait 5 cara melakukan latihan olah vokal untuk bernyanyi.

Cara Melakukan Latihan Olah Vokal

1. Latihan Pernapasan

Cara pertama yang perlu diperhatikan dalam melakukan latihan olah vokal yaitu dengan melatih pernapasan. Hal ini sebagai teknik dasar yang perlu kamu kuasai terlebih dahulu. 

Cara ini dilakukan supaya dapat mengasah kemampuan pernafasan olah vokal yang baik dan benar. Latihan pernapasan yang meliputi pernapasan perut, pernapasan dada hingga pernapasan diafragma.

2. Latihan Vokal

Cara kedua melakukan latihan olah vokal dengan mengucapkan berbagai huruf. Hal itu dilakukan untuk dapat memperkirakan seberapa tebal suara yang kamu hasilkan untuk bernyanyi. Mulai dari sekarang cobalah untuk latihan suara seperti  'Maaa, meee, miii, mooo, muuu".

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2