Cara Melakukan Pemuliaan Tanaman, Pengertian dan Langkah Lengkap

Iqbal Widiarko
Kamis 23 Juni 2022 16:47 WIB
Cara Melakukan Pemuliaan Tanaman, Pengertian dan Langkah Lengkap
Cara melakukan pemuliaan tanaman. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Cara melakukan pemuliaan tanaman dapat menjadi teknik terbaik dalam menghasilkan varietas tanaman atau buah yang lebih baik dan unggul dari metode tanam biasa. 

Fungsi pemuliaan dalam upaya meningkatkan kualitas komoditas tanaman adalah perakitan kultivar (varietas yang dibudidayakan) yang mempunyai kualitas tinggi seperti perbaikan terhadap rasa, aroma, warna dan lainnya.

Beberapa tanaman yang kita tahu saat ini tumbuh dan berkembang pada zaman yang berbeda sesuai dengan tingkat perkembangan hidup manusia. 

Pemuliaan tanaman juga dapat dikatakan sebagai cara menyilangkan kedua spesies untuk menghasilkan tanaman unggul yang buahnya besar, manis dan waktu panennya lebih cepat. 

Tanaman hasil pemuliaan sebelum dilepas menjadi suatu varietas baru perlu melewati deretan prosedur dan pengujian yang panjang oleh tim yang berkompeten.

Dilansir dari berbagai sumber, Celebrities.id, Jumat (17/6/2022) telah merangkum cara melakukan pemuliaan tanaman, sebagai berikut.

Pengertian Pemuliaan Tanaman

Menurut Elvira Sari Dewi dalam bukunya berjudul "Pemuliaan Tanaman" (2016), definisi pemuliaan tanaman atau plant breeding adalah sebuah kegiatan yang bertujuan memodifikasi tampilan dan bentuk tanaman sehingga menjadi tanaman yang lebih ideal serta bernilai.

Walaupun perkembangan bidang bioteknologi (teknik modern transformasi biologi) dan bioinformasi (teknik penerapan teknologi komputer dalam bidang biologi) telah begitu berkembang, namun penentuan tetua dengan teknik ini masih sering dilakukan oleh seorang pemulia (orang yang melakukan teknik pemuliaan).

Langkah ini sangat bergantung pada tujuan dari si pemulia sehingga bisa ditentukan karakter yang sesuai dengan tujuan tersebut, sebagai contoh komponen hasil, kualitas gabah, siklus vegetatif atau generatif atau ketahanan terhadap hama dan penyakit tertentu.

 

1
/
2