5 Cara Membedakan Sperma Subur dan Tidak, Lihat Warna dan Kekentalannya

Laras Dwi Sasmita
Kamis 09 September 2021 18:55 WIB
5 Cara Membedakan Sperma Subur dan Tidak, Lihat Warna dan Kekentalannya
Cara membedakan sperma subur dan tidak bisa dengan melakukan pengecekan di lab kesehatan terdekat. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Cara membedakan sperma subur dan tidak, bisa dilakukan dengan melihat warna dan kekentalannya, meski paling akurat dengan tes kesuburan di laboratorium. 

Bagi seorang pria, memiliki sperma yang sehat itu penting. Kesehatan sperma lebih dari sekadar untuk pembuahan. Kualitas sperma, terutama yang sehat, juga berperan bagi kesehatan kehamilan si ibu dan juga jabang bayi. 

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (9/9/2021), setidaknya ada lima cara membedakan sperma subur dan tidak, yaitu :

1. Jumlah Sperma

Cara membedakan sperma subur dan tidak yang pertama adalah dengan melihat jumlah sperma dalam air mani yang keluar saat ejakulasi. Sperma dikatakan subur apabila jumlahnya mencapai 15 juta sel sperma (spermatozoa) per mililiter air mani.

Cara membedakan sperma subur dan tidak bisa dilakukan dengan melihat warna dan kekentalannya. (Foto: Freepik.com)
Cara membedakan sperma subur dan tidak bisa dilakukan dengan melihat warna dan kekentalannya. (Foto: Freepik.com)

Ketika hasil tes kesuburan menunjukkan jumlah sel sperma kurang dari angka tersebut, ini merupakan ciri pertama bahwa sperma tidak sehat. Hal ini sangat menentukan apakah sperma dapat membuahi sel telur atau tidak, jika kurang ideal kemungkinan tidak akan bisa membuahi sel telur.

2. Periksa Kekentalan Air Mani

Memeriksa kekentalan air mani juga bisa menjadi salah satu cara membedakan sperma sehat dan tidak. Setelah ejakulasi, normalnya air mani akan mengental dengan konsistensi seperti jeli. Dalam waktu 30 menit, biasanya air mani mencair dan semakin bening. Tingkat kekentalan air mani dianggap penting untuk reproduksi. 

 

1
/
3