Cara Membedakan STNK Asli dan Palsu yang Paling Mudah

Icon CameraHasyim Ashari
Rabu 23 November 2022 18:37 WIB
Cara Membedakan STNK Asli dan Palsu yang Paling Mudah
Cara membedakan STNK Asli dan Palsu. (Foto: celebrities.id/Doc. MPI)

JAKARTA, celebrities.id - Cara membedakan STNK asli dan palsu sangat berguna ketika akan membeli kendaraan bekas. Hal ini mencegah oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan STNK demi menjual kendaraan ilegal.

Sekilas, STNK asli dan palsu seolah tak ada bedanya. Tampilannya mirip dengan dokumen aslinya. Tak jarang, ada kode batang atau barcode yang turut menandai STNK palsu. 

Bahkan, STNK palsu juga menyertakan tanda tangan dari Kepolisian Daerah (Polda) yang dipalsukan. Karena itulah, pembeli mesti jeli dan teliti dalam mengecek keaslian STNK tersebut.

Oleh karena itu, dikutip dari laman TMC Polri, Minggu (20/11/2022) berikut cara membedakan STNK asli dan palsu

Cara Membedakan STNK Asli dan Palsu

1. Terdapat Stiker Hologram

pada STNK asli, terdapat stiker hologram di sisi kanan STNK yang berwarna abu-abu. Jika diterawang, hologram ini tidak akan berubah warna. Berbeda halnya dengan STNK palsu, ketika diterawang, maka warna hologramnya beganti menjadi kuning. 

2. Terdapat lubang tipis bagian sisi kanan

Di bagian sisi kanan STNK juga terdapat lubang-lubang kecil nan tipis. Jika dibaca, lubang-lubang itu membentuk kata “STNK”. Biasanya, pada dokumen palsu, tidak ada lubang-lubang tipis tersebut.

3. Terdapat barcode khusus

pada STNK asli, terdapat kode batang atau barcode khusus. Kadang kala, STNK palsu juga menyertakan barcode, namun untuk membedakan antara STNK asli dan palsu, barcode STNK asli akan memunculkan sebuah angka atau identitas pemilik kendaraan ketika di-scan.

4. Cek keaslian barcode di SAMSAT terdekat

Untuk melakukan scan barcode tersebut, Anda dapat mendatangi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) terdekat. Pengecekan STNK di SAMSAT tidak dipungut biaya alias gratis.

Editor : Imantoko Kurniadi