Cara Membuat dan Contoh Kwitansi Pembayaran Serta Format Lengkap

Icon CameraBertold Ananda
Jumat 25 November 2022 15:01 WIB
Cara Membuat dan Contoh Kwitansi Pembayaran Serta Format Lengkap
Cara membuat dan contoh kwitansi pembayaran. (Foto: Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait bagaimana cara membuat dan contoh kwitansi pembayaran. Untuk itu simak ulasan satu ini selengkapnya.

Dalam sektor jual beli ada beberapa macam contoh kwitansi yang beredar di pasaran. Kwitansi itu sendiri memiliki fungsi penting yakni sebagai tanda atau alat bukti pembayaran yang sah dalam melakukan transaksi jual beli.

Umumnya kwitansi diberikan apabila kamu membeli barang dalam jumlah yang besar serta didukung oleh materai dan tanda tangan supaya transaksi dapat berjalan dengan lancar dan bernilai dimata hukum.

Lantas bagaimana cara membuat dan contoh kwitansi pembayaran yang sah? Berikut Celebrities.id merangkum dari beberapa sumber, Jumat (25/11/2022)

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran 

Isi nomor transaksi pada kwitansi dengan jelas. Hal ini akan memudahkan Anda melacaknya di kemudian hari. Misalnya : 010/22

Pertama, kamu bisa segera tuliskan nama lengkap pemberi uang pada bagian “Telah diterima dari”

Kedua, tulis nominal uang yang diserahkan dalam format angka pada kolom “Uang Sejumlah”, misalnya: Rp 6.000.000,-

Ketiga, Lengkapi informasi transaksi dengan menuliskan tujuan penyerahan uang pada kolom “Untuk Pembayaran” . Misalnya: Pelunasan DP Nissan March XS (AT) Tahun 2013 dengan pembayaran tunai

Keempat,  kamu bisa menuliskan jumlah keseluruhan uang yang diserahkan dalam format kalimat pada kolom  “Terbilang”, Cara satu ini dilakukan untuk tujuan validasi supay  tidak ada kesalahan pada penulisan angka

Kelima,  tulis  tempat dan tanggal transaksi tersebut diberlakukn pada bagian kanan bawah. Jika sudah maka tambahkan tanda tangan dan nama penerima uang dengan lengkap dan jelas.

 

1
/
3