7 Cara Memilih Hewan Qurban untuk Idul Adha 2022, Simak Penjelasannya

Abdul Razak
Jumat 24 Juni 2022 13:36 WIB
7 Cara Memilih Hewan Qurban untuk Idul Adha 2022, Simak Penjelasannya
Cara memilih hewan qurban untuk Idul Adha 2022. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Cara memilih hewan qurban untuk Idul Adha 2022 selalu dicari-cari oleh para umat Muslim untuk kesempurnaan ibadahnya. 

Seperti diketahui, menyembelih hewan merupakan salah satu sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan bagi yang mampu. Terlebih lagi, berkurban juga bermanfaat untuk bekal di akhir nanti. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/6/2022) berikut ini cara memilih hewan qurban untuk Idul Adha 2022.

Cara Memilih Hewan Qurban untuk Idul Adha 2022

1. Lihat dari Umur 

Sebelum membeli hewan qurban, ada baiknya untuk bertanya umur dari hewan tersebut ke penjual. Hal ini penting untuk mengetahui kondisi kesehatannya dan kelayakannya untuk dikonsumsi. Biasanya umur hewan juga dapat diketahui dari gigi yang sudah tanggal.

2. Pilih Hewan yang Sehat

Sebagai pembeli sudah sepatutnya memilih hewan qurban yang sehat dan tidak penyakitan. Pasalnya, hewan penyakitan bisa berdampak dari daging yang dikonsumsi nanti. Hewan yang sehat dapat dilihat dari nafsu makannya dan juga hewan yang sehat juga biasanya terlihat agresif.

3. Tidak Ada yang Cacat

Selain itu, pilihlah hewan yang tidak cacat. Maka dari itu mesti melihat seluruh bagian hewan qurban dan dipastikan tidak pincang sekalius juga periksa bagian telinga, kaki, tanduk, buntut, dan bagian tubuh lainnya. 

4. Dalam Keadaan Bersih

Adapun maksud dalam keadaan bersih sendiri, hewan qurban tidak boleh kotor atau jorok, khususnya di bagian mulut, mata, hidung, telinga dan juga anusnya harus bersih dari segala kotor yang ada di bagian luarnya. 

5. Suhu yang Harus Normal

Tak lupa juga, hewan qurban juga harus dicek suhu tubuhnya dan harus dipastikan normal yakni sekitar 39-40 derajat celcius dan tidak boleh lebih dari itu. 

6. Matanya Tidak Buta

Mata tidak boleh buta menjadi salah satu cara memilih hewan kurban untuk Idul Adha. Pasalnya, ini menjadi salah satu syarat yang harus dipakai untuk menyembelih hewan saat Idul Adha.

7. Bulu Bersih dan Tidak Kusam

Terakhir, ada baiknya untuk memastikan hewan qurban memiliki bulu yang bersih dan tidak kusam. Tak lupa juga, dilihat dari gerakan hewan tersebut yang aktif.

Editor : Tia Ayunita