8 Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung, Memasukkan ke Freezer

Icon CameraIqbal Widiarko
Jumat 25 November 2022 14:00 WIB
8 Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung, Memasukkan ke Freezer
Ada beberapa cara memperbaiki baterai HP yang kembung. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Cara memperbaiki baterai HP yang kembung dapat menjadi tambahan informasi yang menarik bagi kamu yang mengalami kendala dalam penggunaan handphone.

Baterai kembung merupakan hasil dari terlalu banyak arus di dalam sel baterai yang menyebabkan penumpukan panas dan gas.

Umumnya, hal tersebut disebabkan oleh pengisian daya yang berlebihan, produk gagal pabrik, baterai yang dibiarkan kosong lama atau kerusakan elemen pada baterai. Begitu menemukan baterai yang kembung, kamu harus segera mematikan handphone dan jangan mengisi daya atau menyalakannya kembali dalam beberapa waktu.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (25/11/2022), celebrities.id telah merangkum cara memperbaiki baterai HP yang kembung, seperti berikut.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung

1. Melepas Baterai saat Panas

Jika baterai HP mengalami kerusakan atau melihatnya menjadi sangat panas atau kehilangan daya dengan cepat, sebisa mungkin lepas secara berkala sebelum mendapatkan yang baru. Jika dibiarkan di perangkat HP kamu, itu akan bisa berdampak lebih buruk.

2. Jangan Biarkan HP Tetap Terhubung dengan Daya Listrik

Baterai lithium-ion dirancang untuk menggunakan dayanya dan kemudian diisi ulang. Jika terus-menerus terhubung ke daya, baterai akan menurun dan masa pakainya akan berkurang serta mengembung.

 

1
/
3