15 Cara Memutihkan Kulit Wajah, Tangan, dan Kaki Secara Alami

Rianti Dea Rizky Pratiwi
Senin 10 Januari 2022 15:35 WIB
15 Cara Memutihkan Kulit Wajah, Tangan, dan Kaki Secara Alami
Ada banyak cara memutihkan kulit, mulai dari yang alami hingga perawatan di klinik kecantikan. (celebrities.id/Ist)

JAKARTA, celebrities.id - Ada banyak cara memutihkan kulit, mulai dari yang alami hingga perawatan di klinik kecantikan. Namun, perawatan kulit ini umumnya berbeda pada setiap orang.

Lantas bagaimana metode yang tepat untuk memutihkan kulit secara sehat dan alami? Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan kulit tubuh.

Cara Memutihkan Kulit Wajah dan Badan Secara Alami

Ada banyak faktor mengapa kulit yang mungkin awalnya putih menjadi lebih gelap seiring waktu. Bahkan, kulit gelap hanya terjadi di bagian tubuh tertentu saja. Misalnya, punggung tangan lebih gelap dari lengan dan wajah lebih gelap dari leher.

Sejumlah faktor paling umum penyebab kulit gelap adalah karena polusi, UV, gaya hidup tidak sehat, stres, dan kondisi kesehatan. 

Adapun cara membuat kulit putih dari wajah hingga seluruh badan adalah sebagai berikut:

1. Tidur Cukup

Meski terdengar seolah tidak ada hubungannya, namun kurang tidur atau sering begadang dapat membuat kulit terlihat kusam, tidak segar, dan tidak sehat. Terlebih jika kulit menggelap karena sinar UV, maka akan semakin lama warna kulit bisa kembali memutih seperti semula. 

Belum lagi jika kamu ingin menghilangkan lingkaran hitam yang muncul di bawah mata. Namun, jika tidur kamu cukup, aliran darah dalam tubuh akan meningkatkan dan kulit kembali segar setelah bangun.

2. Banyak Minum Air

Minum air 2 liter per hari akan membuat tubuh terhidrasi begitu juga dengan kulit. Tubuh yang terhidrasi akan mudah membuang racun dan membuat tekstur kulit lebih sehat serta bercahaya.

3. Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C

Vitamin C dapat mencerahkan kulit dan memperbanyak jumlah kolagen. Kolagen adalah nutrisi yang berperan untuk membuat kulit lebih kenyal dan kencang. Beberapa contoh buah yang kaya vitamin C adalah jeruk, mangga, jambu biji, pepaya, nanas, kiwi, pisang, dan stroberi.

4. Cuci Muka dan Mandi Secara Rutin

Agar kotoran, minyak, dan sel kulit mati tidak menyumbat pori-pori dan membuat kulit terlihat kusam serta gelap, jangan malas untuk mandi dan mencuci muka setiap hari. Pilihlah sabun yang benar-benar sesuai dengan kondisi kulit agar kulit menjadi lebih lembab dan cerah alami.

5. Gunakan Pelembab

Aplikasikan pelembab ke wajah dan badan setiap sehabis mandi dan mencuci muka agar kulit tidak kering dan bersisik. Kulit yang selalu terhidrasi akan tampak lebih sehat. Selain itu, hidrasi pada kulit yang baik akan membuat warna kulit kembali ke warna aslinya lebih cepat.

6. Gunakan Skincare yang Memiliki Efek Mencerahkan

Banyak merk skincare untuk wajah dan badan yang bisa mencerahkan. Kandungan aktif dalam skincare yang biasanya bisa mencerahkan adalah:

  • Alpha Arbutin
  • Niacinamide
  • Vitamin C
  • Glycolic Acid dan Salicylic Acid
  • Kojic Acid
  • Retinol
  • Glutathione
 

1
/
2