Cara Mencegah Kolesterol usai Konsumsi Makanan Berminyak, dari Buah hingga Ikan

Icon CameraKevi Laras
Kamis 19 Januari 2023 23:48 WIB
Cara Mencegah Kolesterol usai Konsumsi Makanan Berminyak, dari Buah hingga Ikan
Cara Mencegah Kolesterol usai Konsumsi Makanan Berminyak, dari Buah hingga Ikan. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Masyarakat Indonesia cenderung menyukai makanan berminyak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL/ Low-density lipoprotein).

Usai menyantap minyak, tentu perlu penetral atau asupan untuk mengontrol kadar kolesterol. Menurut  Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K), FIHA bahwa belum ada makanan yang bisa menetralkan minyak di dalam tubuh.

Meski demikian, dia mendorong agar masyarakat memahami bahwa ada makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kadar kolesterol naik, seperti makanan yang berserat yaitu buah dan sayur serta ikan.

"Saat ini belum ada makanan yang bisa menetralisir minyak. Adanya makanan-makanan yang bisa mengimbangi proses itu dengan banyak serat, apa saja, buah-buahan, sayuran. Satu lagi, omega 3 dalam ikan, itu juga bisa, ikan-ikanan tapi bukan seafood. Pokoknya bahan-bahan yang menjadi bahan baku kolesterol LDL itu dihindari," tutur dr. Isman disela Keterangan Pers Terkait Mesin MSCT Scan di RSJ Harapan Kita, Kamis (19/1/2023)

Hal ini berkaitan, dengan isu yang tengah hangat jadi pembicaraan yaitu nasi minyak. Menurutnya, nasi yang berminyak tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun, apabila masyarakat tidak bisa berhenti, dia mengimbau untuk mengurangi porsinya. Dalam penjelasannya, dr Isman menyarankan untuk menggunakan minyak goreng zaitun. Sebab minyak tersebut lebih sehat untuk dikonsumsi.

"Sebaiknya tidak makan nasi pakai minyak hindari, bukannya nggak boleh. Tapi kalau memang nggak bisa berhenti ya dikurangi. Minyak yang sehat masih bisa ditolerir yaitu minyak zaitun," ujar dr. Isman

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News