Cara Menebus Dosa Orang yang Sudah Meninggal dalam Islam, Paling Utama Mendoakannya

Iqbal Widiarko
Selasa 17 Mei 2022 13:26 WIB
Cara Menebus Dosa Orang yang Sudah Meninggal dalam Islam, Paling Utama Mendoakannya
Cara menebus dosa orang yang sudah meninggal dapat dilakukan seorang muslim dengan mendoakannya. (Foto: celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Cara menebus dosa orang yang sudah meninggal dapat dilakukan seorang muslim dengan mendoakannya. Doa dari seorang muslim yang masih hidup kepada mukmin yang telah meninggal dunia merupakan amalan jariyah bagi yang telah pergi.

Biasanya setelah kerabat atau orangtua meninggal dunia, seringkali kita akan teringat kembali dengan kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat. Setiap kesalahan terhadap orang lain yang tidak dimaafkan dapat mengundang yang dianiaya menuntut kepada Allah Swt, semisal dengan meminta ganjaran amal kebaikan orang yang pernah menganiayanya atau memikulkan dosa-dosanya kepadanya.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (17/5/2022) telah merangkum cara menebus dosa orang yang sudah meninggal, sebagai berikut.

Cara Menebus Dosa Orang yang Sudah Meninggal

1. Mendoakannya agar Kelak Diampuni Dosanya

Bacaan doa setiap muslim yang masih diberi hidup oleh Allah SWT kepada muslim yang telah meninggal dunia dijadikan Allah sebagai salah satu doa yang mustajab. Dengan demikian doa dari mukmin shaleh kepada orang-orang yang telah tiada yang beriman, dijadikan Allah SWT sebagai paket pahala yang tetap mengalir.

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra bahwa Rasulullah SAW bahwa, “Apabila seseorang meninggal, maka seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakannya.”
(HR. Muslim dan An-Nasai).

2. Menguatkan Silaturahmi terhadap Kerabat Sekitarnyaย 

Riwayat Ibnu Umar Ra bahwa Rasulullah SAW bahwa, “Bentuk kebaktian kepada orang tua yang paling tinggi, menyambung hubungan dengan orang yang dicintai bapaknya setelah ayahnya meninggal.” (HR. Muslim)

3. Berziarah

Ziarah kubur ini menjadi tuntunan untuk mengingat kematian. Untuk itu umat muslim perlu mengetahui tujuan ziarah kubur. Ziarah kubur merupakan kunjungan ke tempat pemakaman umum/ pribadi yang dilakukan secara individu atau kelompok, dengan tujuan mendoakan saudara atau keluarga yang telah meninggal dunia supaya diberikan kedudukan atau posisi yang layak di sisi Allah SWT.

Bacaan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Berikut bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal:

ุงู„ู„ู‘ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู‡ู ูˆูŽุนูŽุงููู‡ู ูˆูŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽุงูŽูƒู’ุฑูู…ู’ ู†ูุฒูู„ูŽู‡ู ูˆูŽูˆูŽุณู‘ูุนู’ ู…ูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงุบู’ุณูู„ู’ู‡ู ุจูู„ู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽู„ู’ุฌู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุฑู’ุฏู ูˆูŽู†ูŽู‚ู‘ูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุทูŽุงูŠูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูู†ูŽู‚ู‘ูŽู‰ ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจู ุงู„ู’ุงูŽุจู’ูŠูŽุถู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽ ู†ูŽุณู ูˆูŽุงูŽุจู’ุฏูู„ู’ู‡ู ุฏูŽุงุฑู‹ ุงุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฏูŽุงุฑูู‡ู ูˆูŽุงูŽู‡ู’ู„ู‹ุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุฒูŽูˆู’ุฌู‹ุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ู ูˆูŽุงุฏู’ุฎูู„ู’ู‡ู ุงู„ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงุนูุฐู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุนูŽุฏูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽุจุฑู ูˆูŽููุชู’ู†ูŽุชูู‡ู ูˆูŽู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู


Latin:
Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

ย 

1
/
2